Kasus-kasus Viral Lansia yang Dianiaya di Tanah Air

loading...
Kasus-kasus Viral Lansia yang Dianiaya di Tanah Air
WHO mengungkapkan bahwa sekitar 1 dari 6 lansia berusia di atas 60 tahun telah mengalami penganiayaan ataupun pelecehan di setiap tahunnya. Foto/Ilustrasi/MPI
JAKARTA - Seiring bertambahnya usia, tentunya tubuh akan mengalami penuaan. Penuaan ini ditandai dengan fisik dan fungsi tubuh yang mengalami perubahan. Begitu juga dengan orang lanjut usia (lansia) yang mulai mengalami penurunan fisik dan fungsi tubuh.

Hal ini menyebabkan keluarga harus merawat lansia dengan baik agar penurunan fisik dan fungsi tubuh ini tidak terjadi secara cepat, dan dapat selalu sehat. Namun, terjadi beberapa kasus dimana beberapa oknum dengan motif dan alasan tentu melakukan penganiayaan terhadap lansia. Baca juga: Iwan Fals Menolak Tua di Usia 60 Tahun: Kata WHO Saya Masih Muda

WHO mengungkapkan bahwa sekitar 1 dari 6 lansia berusia di atas 60 tahun telah mengalami penganiayaan ataupun pelecehan di setiap tahunnya. Melansir dari berbagai sumber, terdapat beberapa kasus penganiayaan terhadap lansia yang viral.

1. Pembantu Menganiaya Majikan Lansia
Kejadian penganiayaan lansia ini terjadi di Perumahan Taman Lestari, Cengkareng, Jakarta Barat pada 15-16 Mei 2021 lalu. Penganiayaan ini terekam dan viral di sosial media. Dalam video tersebut, seorang perempuan yang merupakan asisten rumah tangga (ART) melakukan penganiayaan terhadap majikannya. Tiga potongan video yang tersebar menjadi bukti penganiayaan yang dilakukan.



Tidak terlihat jelas permasalahan yang memicu penganiayaan ini, di video tersebut terlihat ART yang sedang menggendong balita secara tiba-tiba menyerang lansia yang merupakan ibu dari majikannya. Video lainnya memperlihatkan pelaku semakin emosi dengan mencoba memukul lansia tersebut dengan galon. Akibat kejadian ini, pelaku yang berinisial NN (34) telah diamankan oleh Polsek Cengkareng.

2. Cucu Aniaya Kakek
Pada tahun 2019, media sosial sempat digemparkan dengan video yang memperlihatkan seorang cucu yang menganiaya kakeknya sendiri yang berumur 65 tahun hingga tidak berdaya. Pelaku ini diketahui berinisial Y dan berusia 22 tahun. Peristiwa yang terjadi di Jawa Tengah ini terjadi karena pelaku emosi karena saat mandi dan gosok gigi, pelaku melihat ada pakan ikan yang masuk ke dalam mulutnya. Pakan ikan ini mengapung di bak mandi. Dalam keadaan emosi dan marah tersebut, pelaku kemudian menendang dan memukul kakeknya.

3. Penganiayaan Lansia akibat Berusaha Melerai
Seorang korban berinisial PT (68) mengalami penganiayaan akibat usahanya dalam melerai perselisihan anak muda di Minahasa Selatan tahun 2020 silam. Pelaku yang berinisial AK (23) menebas korban dengan senjata tajam jenis parang. Hal ini menyebabkan korban mengalami luka robek dan langsung dibawa kerumah sakit. Setelah menerima laporan, personel gabungan fungsi Polsek Tompasobaru langsung mengamankan tersangka.

4. Penganiayaan Nenek akibat Tuduhan Pencurian
Sebuah video viral pada tahun 2020 lalu memperlihatkan seorang nenek yang di aniaya. Nenek R yang berusia 60 tahun ini mengalami kekerasan fisik dengan ditendang, dianiaya diseret oleh seorang pria. Nenek ini dianiaya karena tuduhan pencurian manga di Pasar Gendeng, Prambanan, Sleman. Warganet yang melihat video ini sangat geram dan mengecam aksi pelaku. Pihak kepolisian tidak hanya memanggil pelaku penganiayaan, perekam video, dan pedagang yang mengaku mengalami pencurian. Baca juga: Buwas Laporkan Adhyaksa Dault ke Bareskrim Terkait Dugaan Pengelolaan Pom Bensin

5. Penganiayaan Lansia oleh Anaknya
Aksi kekerasan yang terjadi di Nusa Tenggara Timur ini viral di sosial media pada tahun 2020 silam. Pada video yang viral ini, seorang pria menghajar korban berinisial BR (63) berkali-kali. Akibat penganiayaan ini, korban menderita lebam di tangan kanan dan juga luka di kepala bagian belakang. Penganiayaan ini terjadi karena pelaku kesal dan tidak terima diberikan teguran oleh korban.
(kri)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top