Putri Gus Dur Terkejut Dapat Penghargaan dari Pemerintah Jepang

loading...
Putri Gus Dur Terkejut Dapat Penghargaan dari Pemerintah Jepang
Putri Gus Dur, Yenny Wahid menerima penghargaan dari Pemerintah Jepang. Foto/Dok.SINDOnews
JAKARTA - Putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid ( Gus Dur ), Yenny Wahid menerima penghargaan dari Pemerintah Jepang. Wanita bernama lengkap Zannuba Ariffah Chafsoh itu dianggap sukses menekan kecenderungan radikalisme dan kekerasan melalui program desa damai.

Penghargaan itu pun membuat Yenny Wahid terkejut. "Saya surprised. Tak pernah mengira Pemerintah Jepang mencermati program ini," kata Yenny Wahid , Senin (13/9/2021).

Direktur Wahid Foudation ini pun menyampaikan banyak terimakasih dan penghargaan atas apresiasi Pemerintah Jepang. "Saya maknai sebagai penghargaan kepada kaum perempuan yang berkontribusi dan berdedikasi dalam program ini. Merekalah yang berhak. Saya menerima penghargaan ini atas nama mereka," ujar Yenny Wahid, alumnus Universitas Harvard ini.

Yenny menjelaskan, program desa damai yang diprakarsai UN Women dengan sokongan Pemerintah Jepang sejak tahun 2017 itu telah berjalan baik di beberapa desa berbagai daerah. “Dengan perempuan sebagai subjek program, inisiatif desa damai telah membentuk mekanisme inovatif untuk mencegah ekstrimisme dan kekerasan pada level dini di tingkat akar rumput," katanya.



Baca juga: Profil Singkat 4 Putri Gus Dur-Sinta Nuriyah, Ada yang Pernah Jadi Stafsus Presiden SBY

Yenny diketahui telah lama bekerja menggaungkan semangat demokratisasi, pluralisme , multikulturalisme dan toleransi melalui Wahid Foundation yang didirikan pada tahun 2004. Tak hanya pada masyarakat Islam moderat, tetapi juga menjangkau semua elemen masyarakat Indonesia.

Dalam situs resmi Kementerian Luar Negeri Jepang pada Jumat (20/8/2021), disebutkan bahwa Yenny Wahid dinilai sukses menekan kecenderungan radikalisme dan kekerasan melalui program desa damai. Adapun titik berat program itu adalah pemberdayaan ekonomi perempuan, memajukan kepemimpinan perempuan, sekaligus melindungi perempuan dari kekerasan berbasis gender.

Dalam situs resmi Kementerian Luar Negeri Jepang itu juga disebutkan bahwa Yenny telah banyak berperan mempromosikan kesepahaman antara Jepang dan Indonesia. Yenny sejak tahun 2015 telah banyak berkontribusi mempromosikan hubungan persahabatan antara Jepang dan Indonesia melalui sejumlah kerja samanya, misalnya kemitraannya dengan The Japan Foundation.

Sekaligus membantu pelaksanaan kerja sama internasional Jepang yang di dalamnya juga turut serta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Penghargaan Menteri Luar Negeri Jepang pada tahun 2021 itu diberikan kepada 177 tokoh dan 41 kelompok.
(rca)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top