Komnas PA: Tolonglah Pakai Hati Nurani, Jangan Tampilkan Saipul Jamil di TV

Senin, 06 September 2021 - 14:16 WIB
Komnas PA: Tolonglah Pakai Hati Nurani, Jangan Tampilkan Saipul Jamil di TV
Komnas Perlindungan Anak mempersilakan Saipul Jamil mencari nafkah, tetapi bukan melalui televisi. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dewan Pengawas Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Roestin Ellyas meminta pemerintah dan masyarakat untuk menggunakan hati nurani agar tidak terus mengekspos Saipul Jamil yang disebutnya sebagai predator seksual.

"Tolonglah kita semua berempati (terhadap ribuan anak korban pelecehan seksual), kami di sini bukan menghalangi bapak Saipul Jamil itu mencari nafkah, monggo, semua orang butuh hidup. Tapi jangan di televisi atau di medsos-medsos yang bisa ditonton oleh ratusan juta orang Indonesia," ujar Roestin, Senin (6/9/2021).

Ia menyebutkan seharusnya Saipul Jamil diberikan hukuman seberat-beratnya dan bukannya keringanan. Malah kata Roestin seharusnya alat kelamin Saipul Jamil dikebiri agar tidak kembali mengulangi perbuatannya melecehkan anak di bawah umur.

Baca juga: Inul Daratista Sempat Bela Saipul Jamil, Komnas Perlindungan Anak Kecewa: Tolonglah Berempati



"Saya enggak ngerti ya, apakah masih nurani yang namanya televisi-televisi ini? Semoga dengan teriakan kami kali ini, di mana kami juga selalu meneriakkan hukuman bagi Saipul Jamil (dan predator seksual anak di bawah umur lainnya) seperti itu adalah dikebiri. Jujur saya menangis dalam hal ini saya mohon kepada pemerintah untuk tidak separuh hati menangani hal seperti ini," tegas Roestin.

Ia juga meminta kepada pihak pemangku kepentingan terkait yang dapat menampilkan predator seksual Saipul Jamil di layar kaca televisi untuk menahan diri.

"Masa depan bangsa ini ada di tangan anak-anak kita semua. Paling mudah menghancurkan suatu bangsa dengan cara menghancurkan anak-anak kita. Jangan cuma diotak kita itu yang ada rating rating rating, semua orang butuh duit, semua orang pengen kaya, tapi cobalah kita bicara dengan nurani," kata Roestin.

Baca juga: Komnas PA: Penyambutan Kebebasan Saipul Jamil Sakiti Ribuan Korban Kekerasan Seksual

Dia juga meminta kepada Menteri terkait untuk amanah dan menepati janji saat membacakan janji suci saat disumpah dengan kitab suci agama masing-masing perihal perlindungan terhadap anak dibawah umur yang menjadi korban kekerasan seksual.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2546 seconds (11.210#12.26)