Kapolri Lepas Bantuan 10 ISO Tank, Akan Didistribusikan ke Sejumlah Rumah Sakit

Jum'at, 03 September 2021 - 20:14 WIB
loading...
Kapolri Lepas Bantuan 10 ISO Tank, Akan Didistribusikan ke Sejumlah Rumah Sakit
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyalurkan 10 ISO tank yang akan didistribusikan ke sejumlah rumah sakit di wilayah Indonesia. Fotp/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Dalam upaya membantu ketersediaan oksigen, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyalurkan 10 ISO tank yang akan didistribusikan ke sejumlah rumah sakit di wilayah Indonesia.

"Hari ini ada 10 ISO tank yang akan kita distribusikan untuk membantu kebutuhan oksigen manakala nanti memang diperlukan di seluruh wilayah Indonesia," kata Sigit di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Jumat (3/9/2021).

Sigit menambahkan, ini juga untuk melengkapi ISO tank yang saat ini sudah didistribusikan di seluruh wilayah sehingga memperkuat kebutuhan oksigen bagi rumah sakit.

Dia mengatakan, meskipun saat ini situasi bed occupancy rate (BOR) telah turun akibat kedisiplinan protokol kesehatan, pihaknya tetap berkaca dari pengalaman atau kejadian sebelumnya.



"Tentunya kebutuhan terkait dengan oksigen harus kita yakini bahwa di lapangan harus selalu tersedia," ucapnya.

Sebelumnya, kata Sigit, telah diluncurkan kurang lebih 1.000 oksigen konsentrator di sejumlah daerah dan satu oksigen generator di Papua.

Sigit berharap ke depan angka Covid-19 di Indonesia tetap bisa terus menurun. Penerapan protokol kesehatan di tengah masyarakat juga harus selalu ditingkatkan.

"Namun di sisi lain kita harus bersiap-siap dan waspada manakala terjadi lonjakan dan kemudian ada kebutuhan oksigen yang dibutuhkan masyarakat maka kita semua siap," tegasnya.

Berdasarkan data dari Kemenkes, saat ini Indonesia memiliki 59 ISO tank. Sebanyak 35 ISO tank merupakan pinjaman dari PT IMIP 18 unit, PT Virtue Dragin 7 unit, dan hibah sebanyak 24 unit

Saat ini pengoperasian ISO tank dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan dan skala prioritas dengan rute sebagai berikut:
a. Kendari - Jawa Timur sebanyak 11 unit;
b. PT. Samator Sumatera sebanyak 6 unit;
c. Pemprov Kalsel sebanyak 3 unit;
d. Pemprov Sumatera Selatan sebanyak 1 unit;
e. Parkir di Pelabuhan Pelindo sebanyak 38 unit.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2044 seconds (0.1#10.140)