Airlangga : Penanganan Covid-19 di Papua Barat Sudah Baik

Jum'at, 03 September 2021 - 19:35 WIB
loading...
Airlangga : Penanganan Covid-19 di Papua Barat Sudah Baik
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan kasus Covid-19 di Provinsi Papua Barat terus menurun.
A A A
SORONG -
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan kasus Covid-19 di Provinsi Papua Barat terus menurun. Kini, Papua Barat menjadi provinsi paling rendah jumlah kasus aktifnya. “Namun ekonominya harus terus didorong agar mulai tumbuh positif,” ujar Airlangga Hartarto dalam Rapat Koordinasi dengan Kepala Daerah dan Forkopimda Provinsi Papua Barat, Jumat (3/9/2021).

Dalam kesempatan itu, Airlangga menyampaikan arahan Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) agar selalu ingat dan waspada. “Kasus Covid-19 belum selesai, meski telah menurun,” kata Airlangga.

Per 2 September 2021, kasus aktif di Provinsi Papua Barat sebanyak 257 dan merupakan yang terendah secara nasional di antara 34 Provinsi. Sepanjang bulan Agustus 2021, pada masa penerapan PPKM, kasus aktif berhasil diturunkan sampai dengan -89,56%, yaitu dari sebanyak 2.462 kasus pada 9 Agustus yang lalu, menjadi 257 kasus pada 2 September 2021.

Sedangkan kasus konfirmasi harian di Papua Barat pernah mencapai puncaknya pada 16 Juli 2021 yaitu 605 kasus per hari. Akan tetapi, dalam beberapa pekan terakhir terus menurun, dan sekarang menjadi tinggal 50 kasus per hari. Selain itu, tingkat kesembuhan di Papua Barat sebesar 97,3% jauh lebih tinggi dari nasional (92,4%), dan tingkat kematian sebesar 1,5% jauh lebih rendah dari nasional yang sebesar 3,3%.

Penurunan terus terjadi setelah pemberlakuan PPKM Darurat dan PPKM Level 4 selama beberapa minggu lalu. Provinsi Papua Barat saat ini berada pada Level Asesmen 3. Tingkat konfirmasi kasus relatif cukup rendah pada level TK-2, Angka kematian juga rendah di level TK-1 dan Rawat Inap (BOR) ada di level TK-2. Jumlah Testing dan Tracing masih dalam level terbatas, namun Treatmen sudah pada level memadai. Secara umum, level asesmen Provinsi Papua Barat di level 3, dan dengan indikator yang cukup baik semuanya.



Airlangga mengadakan peninjauan ke lapangan dan melakukan dialog secara langsung dengan semua pihak terkait. Salah satunya dengan mengadakan Rapat Koordinasi bersama seluruh Kepala Daerah (Gubernur/ Bupati/ Walikota) beserta Forkompimda se Provinsi Papua Barat, guna mendengarkan langsung dari para Kepala Daerah beserta seluruh jajarannya tentang berbagai permasalahan di lapangan.

Jajaran kepala daerah dan Forkopimda Provinsi Papua Barat sangat antusias menyampaikan berbagai permasalahan dan tantangan di lapangan kepada Airlangga. Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan atas nama masyarakat Papua Barat menyampaikan terima kasih atas perhatian dan dukungan Pemerintah Pusat, terutama dengan dilakukannya peninjauan secara langsung fasilitas isolasi terpusat dengan Kapal PELNI, peninjauan sentra vaksinasi dan juga pemberian bantuan kepada Nakes dan masyarakat.

Airlangga juga mendengarkan aspirasi Walikota Sorong yang menginginkan vaksin langsung diberikan kepada Pemerintah Kota atau Kabupaten supaya lebih cepat dalam pendistribusiannya. Menanggapi hal itu, Airlangga mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan arahan bahwa distribusi vaksin akan dibagi menjadi dua, yaitu ada yang diberikan lewat Provinsi dan ada juga yang diberikan langsung ke Pemerintah Kabupaten dan Kota, sejalan dengan upaya untuk mendorong percepatan vaksinasi.

Melibatkan seluruh Kepala Daerah dan Forkompimda, Airlangga mendiskusikan berbagai tantangan di lapangan dan juga langkah-langkah percepatan penanganan pandemi, serta memastikan segala upaya yang tengah dijalankan dalam penerapan PPKM Level 3 di Papua Barat dapat berjalan optimal. Selain itu juga memikirkan upaya pemulihan ekonomi di Papua Barat, sebagaimana laporan yang disampaikan oleh Bupati Teluk Bintuni yang share ekonominya lebih dari 37% untuk perekonomian Papua Barat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2459 seconds (0.1#10.140)