Kemenkes Kembali Kejar Target 2 Juta Vaksinasi Per Hari

Jum'at, 03 September 2021 - 09:51 WIB
loading...
Kemenkes Kembali Kejar Target 2 Juta Vaksinasi Per Hari
Pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Kemenkes kembali kejar target 2 juta vaksinasi sehari. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pada September 2021, Kementerian Kesehatan ( Kemenkes ) kembali mengejar target 2 juta dosis vaksinasi Covid-19 per hari. Dalam upaya mencapai target tersebut, kementerian yang dipimpin oleh Budi Gunadi Sadikin itu menggandeng berbagai instansi.

"Kita mengupayakan target 2 juta per hari bisa tercapai," ujar Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, Kamis (2/9/2021).

Sedangkan strategi untuk mencapai target itu dengan perluasan cakupan vaksinasi. "Tetap melibatkan TNI, Polri, swasta, ormas, dan organisasi keagamaan," kata Siti Nadia.

Dia menjelaskan, vaksin Covid-19 itu akan didistribusikan ke seluruh provinsi. "Daerah bisa menentukan prioritas sasaran," tuturnya.



Mengenai daerah-daerah yang sebelumnya sulit dijangkau, pemerintah sudah menemukan solusinya. "Ini sudah mulai melibatkan TNI dan Polri," imbuhnya

Dari sisi stok vaksin, kata Siti Nadia, cukup aman. "Saat ini di daerah setidaknya ada 17 juta dosis yang beredar dan minggu ini ada 4 juta vaksin Sinovac yang akan didistribusikan," pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan sekaligus Juru Bicara Bio Farma Bambang Heriyanto mengungkapkan bahwa distribusi vaksin Covid-19 berdasarkan alokasi dan permintaan dari Kemenkes. Bio Farma terus berkoordinasi dengan Kemenkes untuk mendistribusikan sesuai prioritas dan sasaran daerah yang telah ditetapkan.

Bambang menambahkan, pendistribusian vaksin tetap harus memerhatikan ketersediaan atau stok vaksin yang siap didistribusikan atau sudah mendapatkan lot rilis dari Badan POM. Bio Farma sudah mendistribusikan 129.891,072 dosis ke seluruh provinsi sejak Januari hingga akhir Agustus 2021.

"Selama Agustus, Bio Farma sudah mendistribusikan kurang lebih 42.860.100 dosis vaksin Covid-19. 1 September, Bio Farma mendistribusikan sebanyak 3.064.640 dosis ke 32 provinsi,” ujar Bambang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1878 seconds (0.1#10.140)