Cegah Terorisme, BNPT Gandeng ISMI dan The Habibie Center

Senin, 30 Agustus 2021 - 20:17 WIB
loading...
Cegah Terorisme, BNPT Gandeng ISMI dan The Habibie Center
BNPT menggandeng Ikatan Saudagar Muslim Se-Indonesia (ISMI) dan The Habibie Center cegah terorisme melalui penandatanganan kerja sama di Jakarta, Senin (30/8/2021). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengajak sejumlah kelompok masyarakat (civil society) untuk ikut bekerja sama dalam rangka penanggulangan terorisme. Kali ini, BNPT menggandeng Ikatan Saudagar Muslim Se-Indonesia (ISMI) dan The Habibie Center melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) di Jakarta, Senin (30/8/2021).

Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, kerja sama yang tertuang dalam MoU ini menjadi modal yang luar biasa dalam rangka menanggulangi terorisme. Dan ini modal yang luar biasa bagi BNPT dalam menunaikan tupoksinya. “Semakin banyak civil society yang menjalin kerja sama dengan BNPT ini menjadi modal luar biasa utamanya untuk mengeliminir radikal intoleransi dan radikal terorisme,” kata Boy.

Boy menjelaskan, kerja sama dengan ISMI dan The Habibi Center adalah bagian dari usaha pencegahan terlebih dalam hal mengedukasi masyarakat yang rentan terpengaruh radikalimse dan terorisme. “Masyarakat khususnya anak muda sangat rentan terpengaruh paham radikalisme dan terorisme untuk itu perlu adanya edukasi agar mereka dapat memfilter konten-konten negatif,” terangnya.

Selain fokus di bidang edukasi seperti pendidikan dan pelatihan wawasan kebangsaan, sambung Boy, riset dan kajian potensi radikal serta pelaksaan RAN-PE, MoU ini juga berisi pemberdayaan ekonomi kepada mitra deradikalisasi dalam hal kewirausahaan. Di bidang ekonomi, dia menambahkan, kerja sama BNPT dan dua lembaga tersebut adalah pelaksanaan Teknologi, inovasi dan Kewirausahaan (Teknosa), pelaksanaan ekosistem ekonomi dan pengembangan kerja sama, pembinaan, kemajuan dan kemandirian UMKM.

Sementara itu, Ketua ISMI Ilham Akbar Habibie menyebutkan lembaganya sangat terbuka dan mendukung penuh BNPT dalam penanggulangan terorisme. ”Tema terorisme jadi aktual dan kompleks untuk itu perlu kerjasama bersama di bidang pendidikan dan ekonomi,” katanya.

Senada, Ketua The Habibie Center, Ilham juga meyakini tantangan penanggulangan terorisme oleh BNPT harus mendapatkan bantuan dari segala pihak terutama di bidang pencegahan yang tantangannya sangat luar biasa. “Tantangan dan kompleksitas perkembangan zaman membuat radikalisme dan terorisme perlu ditanggulangi bersama secara komprehensif,” tuturnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3716 seconds (0.1#10.140)