Gantikan Hanafi Rais, Ibnu Mahmud Bilalludin Resmi Dilantik Menjadi Anggota DPR

Kamis, 19 Agustus 2021 - 21:10 WIB
loading...
Gantikan Hanafi Rais, Ibnu Mahmud Bilalludin Resmi Dilantik Menjadi Anggota DPR
Ibnu Mahmud Bilalludin saat mengucapkan sumpah sebagai anggota DPR. Dia menggantikan Ahmad Hanafi Rais. Tangkapan layar YouTube DPR RI
A A A
JAKARTA - Setelah kosong setahun lebih, satu kursi DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) yang ditinggalkan Ahmad Hanafi Rais hari ini resmi diisi. Penggantinya adalah Ibnu Mahmud Bilalludin .

Pelantikan Ibnu Mahmud Bilalludin tersebut dilakukan dalam Rapat Paripurna DPR RI ke-2 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2021-2022, Kamis (19/8/2021).

Ibnu dilantik setelah DPR menerima Keputusan Presiden Nomor 96/P Tahun 2021 tentang Peresmian Pengangkatan Antar Waktu Anggota DPR RI/Anggota MPR RI Sisa Masa Jabatan Tahun 2019-2024. Ibnu Mahmud Billaludin menggantikan Hanafi Rais yang mengundurkan diri sebagai Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pengucapan sumpah dipandu oleh Ketua DPR RI Puan Maharani. "Sebelum memangku jabatan Anggota DPR RI Saudara wajib disumpah menurut agama Islam. Apakah Saudara bersedia disumpah menurut agama Islam?" tanya Puan. "Bersedia," jawab Ibnu.



Puan mengingatkan, sumpah yang diucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan Negara Republik Indonesia. Tanggung jawab menjaga dan memelihara Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. "Sumpah ini adalah janji kepada Tuhan YME dan manusia, yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran," ujar Puan dilanjutkan dengan proses pengucapan sumpah.

Diketahui, pada Pemilu 2019, dari Dapil DIY ini PAN menempatkan satu wakilnya di Senayan, yakni Hanafi Rais. Kala itu, Hanafi meraih 171.316 suara.

Hanafi Rais mundur dari DPR RI dan kepengurusan DPP PAN pada Mei 2020. Dia kemudian juga mundur dari keanggotaan PAN. Dia ikut meneken akta pendirian Partai Ummat , partai baru yang didirikan ayahnya, M Amien Rais.



Awalnya, pengganti Hanafi Rais adalah Yuni Astuti, peraih 7.069 suara. Namun, Yuni pun mundur dan berlabuh ke Partai Perindo. Karena itu, kini kursi DPR RI dari Dapil DIY itu akan jadi milik Ibnu Mahmud Bilalludin yang pada Pemilu 2019 meraih 6.627 suara.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1784 seconds (0.1#10.140)