Ini Cara Anak Bangsa Keturunan Tionghoa Peringati HUT RI dan Hari Konstitusi

Rabu, 18 Agustus 2021 - 17:00 WIB
loading...
Ini Cara Anak Bangsa Keturunan Tionghoa Peringati HUT RI dan Hari Konstitusi
Penggiat Medsos, Bob Bee Builder menyemarakkan HUT RI Ke-17 dan Hari Konstitusi Indonesia dengan melakukan berbagai kegiatan sosial seperti borong produk UMKM Kota Jambi untuk diberikan kepada masyarakat yang memerlukan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mungkin tidak sedikit warga negara Indonesia yang belum mengetahui bahwasannya hari ini Rabu (18/8/2021) diperingati sebagai Hari Konstitusi Indonesia yang menjadi bagian dari sejarah Kemerdekaan Republik Indonesia .

Untuk mengingatkan masyarakat terkait Hari Konstitusi yang sangat penting bukan hanya untuk diingat namun juga dijadikan pedoman kehidupan masyarakat, bangsa dan negara, seorang pengusaha sekaligus penggiat media sosial asal Jambi, Bob Bee Builder melakukan beberapa kegiatan di jalan untuk mensosialisasikan Hari Konstitusi Indonesia.

“Tetap terapkan protokol kesehatan, dengan berpakaian ala pejuang dan bersepeda onthel, kemarin dan hari ini saya keliling Kota Jambi untuk menyemarakkan HUT RI ke-76 dan mensosialisasikan Hari Konstitusi Indonesia,” ujar Bob Bee kepada wartawan, Rabu (18/8/2021).

Pria keturunan etnis Tionghoa ini mengaku ikut menyemarakkan HUT RI Ke-17 dan Hari Konstitusi Indonesia dengan melakukan berbagai kegiatan sosial seperti borong produk UMKM Kota Jambi untuk diberikan kepada masyarakat yang membuuhkan.

Dalam aksinya, Bob Bee yang bertubuh kekar ini menempelkan sticker merah putih pada toko-toko atau lapak pedagang yang menjual produk UMKM setelah memborong semua produknya sebagai tanda bagi masyarakat untuk mengambil produk UMKM gratis, sesuai kebutuhannya.

“Benar, stiker NKRI sebagai tanda produk UMKM yang saya borong, gratis bagi masyarakat yang membutuhkannya,” jelas Bob Bee.

Bukan hanya itu saja, Bob Bee juga membagi-bagikan door prize berupa uang tunai bagi warga masyarakat yang mampu menjawab pertanyaan seputar HUT RI dan Hari Konstitusi Indonesia. Bob Bee mengaku tidak sedikit warga Jambi yang belum mengetahui sejarah Hari Konstitusi khususnya fungsi dan tujuan konstitusi bagi NKRI.

“Jujur, banyak yang enggak tau apa itu Hari Konstitusi Indonesia, fungsi dan tujuannya apa. Saya jelaskan dengan lugas bahwa konstitusi adalah jiwa sekaligus pondasi arah tujuan bangsa dan negara kita, alat kontrol serta penentu hak dan kewajiban negara, abdi negara, warga negara,” pungkas Bob Bee.

Seperti diketahui, tepat sehari setelah perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus, bangsa Indonesia memperingati Hari Konstitusi Indonesia yang jatuh pada ini, Rabu 18 Agustus 2021.

Hari Konstitusi Indonesia ditetapkan melalui Keppres Nomor 18 Tahun 2008 tentang Hari Konstitusi yang ditandatangani oleh Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Lebih dari setengah abad lalu tepatnya 18 Agustus 1945, Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) telah menetapkan Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945) sebagai Konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Baca juga: Dianggap Berhasil, Kapolri Perintahkan Polda Lakukan Vaksinasi Merdeka

Penetapan Konstitusi tersebut merupakan suatu kesatuan dengan Kemerdekaan Republik Indonesia yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945 yang menjadi tonggak sejarah berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4205 seconds (0.1#10.140)