Merdeka dari Pandemi

Senin, 16 Agustus 2021 - 12:23 WIB
loading...
A A A
Whole genome sequence (WGS) bisa digunakan untuk mengetahui sebaran varian dan pola mutasi virus. Global Initiative on Sharing All Influenza Data (GISAID) yang mengumpulkan semua WGS di dunia mencatat ada 2.595.452 genom terkumpul hingga 10 Agustus 2021. Indone sia baru mengirimkan 4.545 genom, di bawah Singapura 4.760, Filipina 5.327, Brasil 27.692, India 42.423, dan Jepang yang mengirim 73,476 genom.

Amerika dan Inggris sudah mengirimkan lebih dari setengah juta genom. Jumlah ini harus ditingkatkan mengingat tren kurva kasus dan kematian. Ganasnya varian baru seperti Delta akan lebih mudah diantisipasi jika memiliki data WGS yang adekuat.

Berdasarkan ourworldindata.org, 30,7% populasi dunia telah mendapatkan setidaknya satu dosis vaksin Covid-19. Secara global, 4,6 miliar dosis telah diberikan. Setiap hari sebanyak 36,63 juta dosis disuntikkan. Kanada, UK, dan Saudi Arabia sudah memvaksinasi sebagian besar penduduknya. Cakupan vaksinasi Brasil, Malaysia, Kamboja, dan Jepang sudah mencapai 50%, India 30% dan Thailand 22%.

Di Indonesia, jumlah yang sudah menerima setidaknya satu dosis vaksin, baru mencapai 19%. Alangkah baiknya jika ini terus ditingkatkan guna mencapai herd immunity . Ketersediaan vaksin, akses, dan birokrasi adalah bagian yang harus diperbaiki.

Kampanye promosi kesehatan (perubahan perilaku masyarakat) tidak bisa dilakukan secara parsial. Perlu perencanaan, keterlibatan jejaring masyarakat, kejelasan alur, monev hingga pendanaan. Bukan sekadar memperbanyak leaflet, pesan berantai, baliho, atau iklan berulang yang mungkin dianggap “basi” oleh sebagian masyarakat.

Optimisme
Banyak yang mesti dibenahi dari catatan di atas agar kita segera keluar dari krisis. Sengkarut data sangat penting diurai, bukan dikurangi, atau malah dihilangkan agar kita bisa memilih kebijakan berbasis bukti. Meniadakan indikator kematian Covid misalnya, justru bisa menghilangkan jejak akhir dari keparahan pandemi.

Kita tentu percaya tak ada yang berniat memanipulasi atau menggunakan statistik guna mendukung argumen yang lemah. Ini hanya tentang cara memperbaiki sistem. Frasa Benjamin Desraeli mantan Perdana Menteri Inggris, dalam buku How to Lie with Statistics yang menyebut bahwa di dunia ini ada tiga jenis kebohongan; Bohong (lies), ngibul (damned lies), dan statistik (statistics) tidaklah sepenuhnya benar.

Selamat hari Kemerdekaan, semoga pandemi segera berlalu.
(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3713 seconds (0.1#10.140)