Survei IPO Tempatkan Anies Baswedan dengan Elektabilitas Tertinggi

Sabtu, 14 Agustus 2021 - 13:44 WIB
loading...
Survei IPO Tempatkan Anies Baswedan dengan Elektabilitas Tertinggi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lembaga survei Indonesia Political Opinion (IPO) mengeluarkan hasil survei yang dilakukan 2-10 Agustus 2021. Hasil survei menunjukkan elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tidak masuk dalam tiga besar calon presiden.

Baca Juga: Anies Baswedan
Baca Juga: Prabowo
"Ini untuk pertama kalinya Prabowo keluar dari dominasi bahkan 4 besar, Prabowo hanya mampu mencapai urutan ke lima, itu di bawah AHY," kata Dedi dalam diskusi MNC Trijaya, Sabtu (14/8/2021).

Nama Prabowo dianggap tidak stabil dan hasilnya naik turun. Sementara itu tiga nama teratas saat ini masih berada di puncak dan tetap stabil di antaranya Anies, Ganjar, dan Sandiaga

Sementara itu ada sejumlah nama yang baru mulai meningkat elektabilitasnya seperti calon presiden Menteri BUMN Erick Thohir elektabilitas mencapai 4,7 persen, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 6,2 persen, Mendagri Tito Karnavian dengan elektabilitas 3,6 persen, dan nama lain yang mengejutkan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

"Zulkifli Hasan muncul dengan elektabilitas 1,9 persen. Meski masih di bawah Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto 2,5 persen. Namun unggul atas Ketua DPP PDIP yang juga Ketua DPR RI Puan Maharani 0,9 persen yang balihonya dimana-mana," tambanya.

Survei menggunakan teknik multistage random sampling untuk pengambilan sampel. Jumlah representasi sampel sebanyak 1.200 responden. Survei memiliki sampling error 2,5 persen dengan tingkat akurasi data 97 persen.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0986 seconds (0.1#10.140)