Hari Kartini, Ini Pesan Dokter Erlina Burhan kepada Perempuan Indonesia

Selasa, 21 April 2020 - 11:45 WIB
loading...
Hari Kartini, Ini Pesan Dokter Erlina Burhan kepada Perempuan Indonesia
Erlina Burhan. Foto/BNPB
A A A
JAKARTA - Dokter spesialis paru-paru sekaligus Ketua Tim Penanganan Covid-19 Rumah Sakit Persahabatan Erlina Burhan dikenal menjadi salah satu perempuan yang menjadi garda terdepan untuk memerangi pandemi Covid-19 di Tanah Air. Di momen Hari Kartini, ibu empat anak ini pun menyampaikan pesan kepada para perempuan Indonesia.

"Kepada para perempuan Indonesia, agar berperan sebagai apa pun yang bisa dilakukan. Tidak masalah peran itu kecil atau besar, semuanya berarti untuk bangsa kita ini sama-sama menghadapi Covid-19 ini," pesan pesan Erlina dalam rangka memperingati Hari Kartini dengan tema 'Peran Para Kartini di Saat Pandemi Covid-19' di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (21/4/2020).

Erlina menceritakan, sebagai seorang ibu rumah tangga di masa PSBB dalam pandemi Covid-19 ini, ia berperan untuk memastikan keempat anak-anaknya stay at home. "Saya ini dokter juga ibu rumah tangga. Saat ini, di masa PSBB ini peran ibu adalah memastikan anak-anak stay at home. Mendampingi anak-anak belajar di rumah ini penting," ungkapnya.

"Anak saya satu kuliah, yang tiga masih SMA. Mereka semua belajar di rumah. Ketika saya tidak bekerja di rumah sakit tapi kalau saya di rumah saya minimal menanyakan hari ini kalian belajar atau menciptakan suasana di rumah," kata Erlina.

Ia mengatakan, seorang ibu di tengah pandemi saat ini punya tugas memberikan edukasi kepada keluarga mengapa harus menggunakan masker dan menjaga jarak. "Juga yang penting adalah menyediakan makanan yang bergizi dan seimbang di rumah," katanya.

Dalam kesempatan itu, Erlina juga memberikan pesan khusus kepada para tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan untuk merawat pasien Covid-19. "Khusus kepada teman-teman perempuan tenaga kesehatan, saya ingin berpesan jagalah diri, jagalah kesehatan, jaga stamina. Karena bukan ini saja yang kita hadapi, kita juga punya keluarga di rumah dan juga punya-punya pasien yang lain, bukan hanya pasien Covid saja," katanya. ( ).

Erlina mengatakan para tenaga kesehatan bukan hanya bekerja pada masa Covid, tapi juga di masa yang akan datang. "Jadi saya ucapkan selamat kepada para perempuan Indonesia, Anda semua adalah pahlawan keluarga dan juga pahlawan di tempat masing-masing dengan peran yang bisa diambil masing-masing."
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1570 seconds (0.1#10.140)