Indonesia Dinilai Mampu Konsolidasikan Pemerintahan dengan Baik di Masa Pandemi

Kamis, 12 Agustus 2021 - 15:56 WIB
loading...
Indonesia Dinilai Mampu Konsolidasikan Pemerintahan dengan Baik di Masa Pandemi
Dirjen Polpum Kemendagri Bahtiar menilai Indonesia mampu mengonsolidasikan pemerintahan dengan baik di masa pandemi. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri Bahtiar mengatakan pandemi Covid-19 ini mengajarkan bagaimana mengelola pemerintahan. Pasalnya, pandemi menjadi semacam ujian dalam pengelolaan pemerintahan.

“Tentu pandemi ini mengajarkan kita bagaimana mengelola pemerintahan di tengah pandemi. Tingkat ketahanan sistem pemerintahan dan sistem politik yang kita bangun tentu sedang diuji di masa pandemi ini,” katanya dalam Webinar Refleksi HUT Kemerdekaan RI Ke-76: Ditinjau dari Perspektif Pemerintahan, Kamis (12/8/2021)

Bahtiar mengatakan seluruh perangkat negara dan berbagai sistem yang dibangun tidak ada yang memperkirakan akan ada pandemi. Sehingga menurutnya terjadi dinamika yang luar biasa sampai hari ini. “Ketika kita sama-sama menjalankan tugas-tugas kenegaraan pemerintahan dan sebagai masyarakat dan warga bangsa bagaimana menjaga kerukunan harmoni yang luar biasa capaiannya hari ini menurut saya,” ujarnya.

Dia menyebut bahwa Indonesia sebagai negara demokrasi mampu mengonsolidasikan pemerintahan dengan baik selama masa pandemi ini. “Dari negara-negara demokrasi kelas dunia, Indonesia yang mampu mengonsolidasikan keadaan ini secara baik. Tidak ada gerakan-gerakan sosial yang signifikan. Kita mampu mengelolanya dengan baik,” pungkasnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1369 seconds (0.1#10.140)