Napi Dibebaskan, Aparat Keamanan Diminta Tingkatkan Patroli

Selasa, 21 April 2020 - 11:05 WIB
loading...
Napi Dibebaskan, Aparat Keamanan Diminta Tingkatkan Patroli
Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Hampir setiap menjelang bulan Ramadhan aksi kriminalitas meningkat. Karena itu, peningkatan patroli perlu dilakukan, apalagi baru-baru Kemenkumhan membebaskan narapidana di berbagai daerah.

Pengamat intelijen Stanislaus Riyanta menganggap, ada banyak faktor kenapa kriminalitas meningkat di saat menjelang bulan puasa dan di tengah wabah corona saat ini. Apalagi, belum lama ini Kemenkumham telah membebaskan ribuan narapidana karena wabah corona.

"Pembebasan napi tersebut bersamaan dengan pandemi Covid-19 dan situasi ekonomi cukup lemah. Jika para napi tersebut tidak bisa survive dengan cara yang baik dan legal maka dia bisa kambuh lagi dengan jalan instan untuk tujuan tertentu, termasuk dengan cara kriminal," ujar Stanislaus saat dihubungi SINDOnews, Selasa (21/4/2020).

Menurut Stanislaus, karena saat ini para narapidana tersebut sudah dilepas, jalan terbaik adalah meningkatkan pengamanan, patroli, dan pemantauan terhadap napi-napi tersebut. ( ).

Ia menyarankan agar kewaspadaan dan pengamanan dari aparat yang berwenang terus ditingkatkan. "Kewaspadaan harus ditingkatkan karena sumber ancaman yang bertambah."
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2113 seconds (0.1#10.140)