Tahun Baru Islam di Tengah Pandemi, Perindo: Hijrah Menuju Tatanan Kehidupan Baru

Selasa, 10 Agustus 2021 - 11:40 WIB
loading...
Tahun Baru Islam di Tengah Pandemi, Perindo: Hijrah Menuju Tatanan Kehidupan Baru
Ketua bidang Keagamaan DPP Partai Perindo, Abdul Khaliq Ahmad mengatakan kehidupan masyarakat saat ini sedang menjalankan hijrah menuju perubahan tatanan kehidupan baru. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Partai Perindo menyebut perayaan Tahun Baru Islam 1443 Hijriah kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, menyusul ancaman COVID-19 yang memaksa masyarakat melakukan penyesuaian dalam berbagai kegiatan, termasuk aktivitas keagamaan.

"Kehidupan masyarakat saat ini sedang menjalankan hijrah menuju perubahan tatanan kehidupan baru," ujar Ketua bidang Keagamaan DPP Partai Perindo, Abdul Khaliq Ahmad dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa (10/8/2021).

Kendati berbeda dengan kehidupan sebelumnya, menurut Khaliq, sesuatu yang dulu dianggap sulit, kini harus mampu dijadikan mudah. Hal yang dirasakan tidak mungkin, harus dijadikan sesuatu yang nyata.

Khaliq mencontohkan di dalam dunia pendidikan, guru dan dosen yang terbiasa dengan pembelajaran kelas konvensional tatap muka, kini mau tak mau harus berhijrah dengan metode pengajaran daring.

"Tidak terhitung banyaknya adaptasi yang dibutuhkan. Tanpa semangat hijrah, akan sulit menerapkannya secara konsisten," tutur Khaliq.

Dari sisi keluarga, para orangtua harus hijrah menjadi pengawas, pendamping sekaligus tutor bagi anak yang sedang menyelesaikan tugas akademik. Jika dulu sebagian ibu bisa menemani anak di sekolah sambil mengobrol dengan ibu-ibu lain, saat ini mereka harus menemani anak bermain, belajar, termasuk tetap mengawasi saat buah hati belajar di rumah.

Begitupun dengan dunia kerja, para pimpinan harus membuat skala prioritas dan memilih bidang-bidang pekerjaan mana yang membutuhkan kehadiran pegawai dan mana yang bisa dilakukan dari rumah atau work from home.

Jika semua dipaksakan kerja di kantor, kemungkinan banyak orang yang terpapar virus tersebut dan meningkatkan kasus positif COVID-19. Tak hanya itu, dilanjutkannya, kalangan profesional juga harus mengubah kebiasaan berkumpul di cafe bersama teman atau kolega.

Pertemuan yang biasa dilakukan setiap hari atau sepekan sekali, mungkin menjadi sebulan atau dua bulan sekali. Bahkan, tidak sama sekali sehingga bertemu secara virtual.

"Relevansi serta korelasi positif antara hijrah dan pandemi COVID-19 ini nyata, sehingga dapat dirasakan saat ini," ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0947 seconds (0.1#10.140)