Hobi SBY, dari Mencipta Lagu hingga Melukis

Senin, 09 Agustus 2021 - 16:20 WIB
loading...
Hobi SBY, dari Mencipta Lagu hingga Melukis
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berpose bersama hasil lukisannya. Foto/Ossy Dermawan
A A A
JAKARTA - Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kini memiliki hobi baru: melukis. Sebelumnya, Presiden ke-6 RI ini juga dikenal memiliki hobi mencipta lagu.

Ya. SBY cukup dikenal rajin menciptakan sebuah lagu. Bahkan, lagu ciptaannya acapkali dinyanyikan dalam berbagai kesempatan ketika dirinya menjabat presiden, mulai dari acara kenegaraan hingga acara santai.

Tak hanya itu, sejumlah lagu ciptaannya SBY itu pun dipopulerkan oleh artis-artis ternama. Adapun lagu-lagu ciptaan SBY yang populer di antaranya berjudul Malam Sunyi di Cipaganti, Ku Yakin Sampai di Sana, Kembali, Jiwaku Tenang di Malam Itu, dan Berkelana ke Ujung Dunia.

Nah, belakangan ini lukisan karya SBY viral di media sosial. Sejumlah politikus Partai Demokrat mengunggahnya. Tidak sedikit orang yang memuji, mulai dari legislator, pengurus partai politik lain hingga seniman.

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Ossy Dermawan mengatakan bahwa SBY menerapkan protokol kesehatan secara ketat di masa Pandemi Covid-19 ini. Ossy menambahkan, SBY sangat membatasi kegiatan di luar serta penerimaan tamu di kediaman Cikeas.



"Beliau mengisinya dengan hobi dan passion yang beliau miliki. Bulan April 2020 tahun lalu, beliau sempat menciptakan lagu Cahaya Dalam Kegelapan yang berisi dorongan semangat dan optimisme dalam menghadapi pandemi," kata Ossy kepada SINDOnews, Senin (9/8/2021).

Ossy menuturkan, sekitar akhir Mei 2021, SBY berkeinginan untuk mengasah kembali kemampuannya untuk melukis. "Melukis sangat digemarinya dulu saat bersekolah di SMP dan SMA di Pacitan. Kegiatan ini diyakini beliau adalah kegiatan yang sangat positif dalam rangka healing process atas rasa kehilangan mendalam atas almarhumah istri tercinta," kata Ossy yang juga sebagai staf pribadi SBY ini.



Terkadang, lanjut dia, foto hasil jepretan almarhumah Ani Yudhoyono juga menjadi ilham SBY dalam melukis. Ossy melanjutkan, SBY merasa melukis dapat membuatnya untuk berdamai dengan hati.

"Kegiatan ini juga sangat sesuai dengan anjuran pemerintah untuk PPKM sehingga beliau tetap dapat beraktivitas di rumah. Tentu saja beliau juga tetap memperhatikan perkembangan dunia serta perkembangan nasional melalui TV yang beliau tonton di sela kegiatan beliau," katanya.

Ossy menuturkan, SBY menganggap beberapa lukisan itu masih merupakan hasil latihan. "Saya membacanya, beliau masih ingin meningkatkan lagi kemampuannya bermain kuas dan beradaptasi dengan cat acrylic dan kanvas," pungkas Ossy.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1689 seconds (0.1#10.140)