Ekonomi Berbasis Saintek, Kunci Indonesia Menjadi Negara Maju

Sabtu, 07 Agustus 2021 - 11:36 WIB
loading...
Ekonomi Berbasis Saintek, Kunci Indonesia Menjadi Negara Maju
Ketua Aliansi Kebangsaan Pontjo Sutowo. FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Tranformasi menjadi kunci bagi Indonesia untuk menjadi negara maju, sejahtera, mandiri dan berdaulat dalam bidang ekonomi serta berdaya saing global. Perekenomian berbasis ekstraktif, pertanian tradisional, dan manufaktur konvensional yang selama ini dilakukan harus berubah menuju ekonomi berbasis sains dan teknologi (knowledge based economy).

Hal tersebut disampaikan Ketua Aliansi Kebangsaan Pontjo Sutowo pada serial FGD finalisasi buku berjudul "Kebangsaan yang Berperadaban: Membangun Indonesia dengan Paradigma Pancasila", yang digelar secara virtual, Jumat (6/8/2021).

Pontjo Sutowo menyebutkan, penguasaan teknologi bangsa Indonesia masih ketinggalan dibanding negara-negara lain. Hal ini dapat diketahui dari beberapa indeks yang dipublikasikan oleh lembaga-lembaga internasional. "Untuk itu, mendesak bagi bangsa Indonesia untuk meningkatkan penguasaan teknologinya yang memang saat ini masih ketinggalan," kata Pontjo.

Baca juga: Buku Ini Dikembalikan ke Perpustakaan Setelah Dipinjam 50 Tahun

Sebagaimana diungkapkan oleh Sener dan Saridogan dalam bukunya "The Effects of Science-Technology-Innovation on Competitiveness and Economic Growth" (2011), negara-negara dengan kebijakan dan strategi ekonomi berbasis sains-teknologi-inovasi memiliki keunggulan dan keuntungan kompetitif berkelanjutan. Keunggulannya tidak hanya pada tingkat daya saing global, tetapi juga pada pertumbuhan ekonomi dan pembangunan bagi penciptaan kesejahteraan.

Menurut Pontjo, ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) juga telah menyebabkan terjadinya transisi perekonomian dunia yang semula berbasiskan pada sumber daya (resource based economy) menjadi perekonomian yang berbasiskan sains dan teknologi (knowledge based economy). Kekuatan bangsa diukur dari kemampuan Iptek sebagai faktor primer ekonomi menggantikan modal, lahan dan energi untuk peningkatan daya saing.

Menghadapi perubahan paradigma ini, negara-negara Barat dan beberapa negara Asia seperti China, Jepang, Korea Selatan, dan Taiwan, konsisten mengerahkan sejumlah besar sumber-dayanya untuk menguasai iptek yang pada ujungnya akan mengangkat kualitas hidup dan kesejahteraan bangsanya.

"Negara yang tidak mempunyai basis Iptek yang kuat, akan bergantung bahkan berpotensi ditelan oleh kemajuan negara-negara lain," katanya.

Baca juga: 7 Ilmuwan Dunia yang Melakukan Terobosan Sains Modern

Diakui Pontjo, Indonesia yang memiliki keunggulan komparatif kekayaan sumber daya alam ternyata belum mampu menjadikannya sebagai keunggulan kompetitif dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Sampai saat ini di beberapa sektor pembangunan ekonomi Indonesia, masih berbasis sumber daya alam. Penyebabnya, kata Pontjo, seperti disampaikan Gustav Papanek dalamsuatu diskusi ekonomi di Jakarta pada 2014 mengatakan bahwa Indonesia terlalu terlena dengan kekayaan sumber daya alamnya sehingga disebut mengalami penyakit Belanda (Dutch disease).

Ketergantungan pada Teknologi Luar
Selain penguasaan masih rendah, lanjut Pontjo, ketergantungan Indonesia terhadap teknologi luar juga masih sangat tinggi. Kondisi inilah menjadi salah satu penyumbang bagi rendahnya tingkat kemandirian dan lemahnya posisi tawar (bargaining position) bangsa Indonesia dalam percaturan global.

Menurut Pontjo, rendahnya penguasaan teknologi Indonesia antara lain disebabkan karena belum terbangunnya ekosistem yang kondusif bagi pengembangan sains dan teknologi, baik pada aspek regulasi, birokrasi, alokasi sumberdaya, dan pengaturan kelembagaan. Sinergi dan kolaborasi kelembagaan "triple-helix" antara perguruan tinggi/lembaga riset, pemerintah, dan dunia usaha juga belum menunjukkan kinerja yang memadai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1545 seconds (0.1#10.140)