Pengamat: Pilpres 2024 Ada Dua Kelompok, Rizal Ramli Capres Berbasis Kinerja

Jum'at, 06 Agustus 2021 - 17:41 WIB
loading...
Pengamat: Pilpres 2024 Ada Dua Kelompok, Rizal Ramli Capres Berbasis Kinerja
Direktur Eksekutif Lingkar Madani (LIMA), Ray Rangkuti, menyebut, kontestasi politik pada 2024 ada dua kelompok yakni, capres baliho dan capres berbasis kinerja. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Meski banyak tokoh partai politik semakin masif memajang baliho sebagai upaya mengerek elektabilitas dan popularitas guna memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, hal itu tetap tak menjadi jaminan dapat merebut hati pemilih di hajatan lima tahunan.

Menurut Direktur Eksekutif Lingkar Madani (LIMA), Ray Rangkuti, manuver tokoh partai politik dengan memasang poster besar di jalan-jalan supaya dapat memenangkan pilpres sudah dapat diprediksi bahwa kontestasi politik pada 2024 ada dua kelompok yakni, capres baliho dan capres berbasis kinerja.

"Sulit menghentikan perlombaan pembuatan baliho ini. Semuanya ingin menang. Untuk mendapatkan popularitas bisa dilakukan dengan dua hal. Pertama dengan memobilisasi iklan, sekarang baliho, nanti iklan di medsos, elektronik, tinggal menunggu waktu itu akan muncul. Kedua, berbasis pada kinerja. Saya menyebut perlombaan capres ini dalam dua varian, capres baliho dan capres berbasis kinerja," kata Ray Rangkuti, Jumat (6/8/2021). Baca juga: Di Balik Perang Baliho Para Tokoh Politik

Ray Rangkuti menjelaskan ciri-ciri capres baliho dan capres berbasis kinerja. Menurutnya, capres baliho yang sering dilihat oleh masyarakat saat ini yaitu para politikus yang sudah memasang baliho di sejumlah daerah. "Umumnya datang dari Parpol, ketua-ketua parpol, dan sebagian besar mereka ikut di dalam koalisi Pak Jokowi," tutur pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini.

Sementara itu, untuk capres berbasis kinerja sendiri datang dari para Gubernur di Indonesia yang digadang-gadang bakal nyapres di 2024. Selain itu, sambung tokoh pergerakan mahasiswa '98 ini, Capres berbasis kinerja juga datang dari para tokoh nasional yang akan maju lewat jalur independen pada Pilpres nanti.

"Bahkan ada yang gak punya partai, dan tokoh-tokoh nasional yang muncul dari pergulatan harian mereka dengan masyarakat. Tokoh tersebut juga memiliki rekam jejak yang baik dan kinerja yang bagus saat menjadi pejabat. Sebut saja misalnya Rizal Ramli. Dua pergulatan ini akan mewarnai kompetisi pencapresan dalam 2024 yang akan datang. Capres baliho dan capres kinerja," pungkas Ray.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1423 seconds (0.1#10.140)