5 Provinsi Ini Alami Lonjakan Kasus Covid-19 Lebih dari 50%

Kamis, 05 Agustus 2021 - 15:29 WIB
loading...
5 Provinsi Ini Alami Lonjakan Kasus Covid-19 Lebih dari 50%
Lima provinsi mengalami kenaikan kasus Covid-19 lebih dari 50% pada pekan ini dibandingkan sebelumnya. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan ada lima provinsi yang mengalami kenaikan kasus Covid-19 lebih dari 50% pada pekan ini dibandingkan sebelumnya.

"Provinsi yang dimaksud adalah Aceh, Riau, Bengkulu, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo," kata Nadia dalam keterangannya, Kamis (5/8/2021).

Namun begitu, kata Nadia, secara nasional terjadi penurunan jumlah kasus mingguan sebanyak 5% dibandingkan pekan sebelumnya.

Baca juga: Lonjakan COVID-19 Landa Asia: Tokyo, Thailand, Malaysia Catat Rekor

Adapun jumlah angka kematian mingguan bertambah 28% dibandingkan pekan sebelumnya dan merata di 28 provinsi. Bahkan, penambahan jumlah kematian mingguan lebih dari 50% terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Kepulauan Riau, Jawa Barat, Banten, NTB, NTT, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, dan Sulawesi Barat.

Nadia juga melaporkan bahwa testing rate nasional saat ini berada di angka 4.01 per 1.000 penduduk per pekan, turun sedikit dibandingkan minggu lalu yang mencapai 4.03 per 1.000 penduduk per pekan.WHO sendiri menyaratkan testing rate minimal 1 per 1.000 penduduk per minggu sebagai indikator surveilans yang komprehensif.

Adapun positivity rate nasional saat ini berada di 25.2% dengan tren menurun di 2 pekan terakhir. Meskipun terjadi penurunan, angka positif masih tinggi untuk bisa mencapai target kurang dari 5%.

Baca juga: DPR RI Ingatkan Pemerintah Antisipasi Lonjakan COVID-19 di Luar Pulau Jawa dan Bali

"Terkait testing rate, masih ada 3 provinsi yang belum mencapai target testing rate yaitu di Lampung, NTB, dan Maluku," katanya.

Selain itu, Nadia juga melaporkan saat ini juga terjadi peningkatan tren rawat inap di luar Jawa dan Bali. Sementara penggunaan tempat tidur rumah sakit dalam hal ini untuk ruang isolasi dan ICU tercatat mengalami penurunan.

"Akan tetapi perlu dilihat beberapa provinsi yang masih memiliki BOR isolasi lebih dari 80% yaitu Sumatera Barat, Bangka Belitung, Yogyakarta, Bali, Kalimantan Timur, dan Gorontalo. Untuk penggunaan tempat perawatan ICU lebih dari 80% tercatat di Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jawa Barat, Yogyakarta, Banten, dan Kalimantan Timur," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1540 seconds (0.1#10.140)