Jokowi Tegaskan Tak Bisa Pakai Kebijakan Sama untuk Durasi yang Panjang

Senin, 02 Agustus 2021 - 20:11 WIB
loading...
Jokowi Tegaskan Tak Bisa Pakai Kebijakan Sama untuk Durasi yang Panjang
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa pilihan masyarakat dan pemerintah adalah sama dalam mengatasi pandemi COVID-19. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa pilihan masyarakat dan pemerintah adalah sama dalam mengatasi pandemi COVID-19 . Dalam hal ini menghadapi ancaman jiwa dan ekonomi.

“Pilihan masyarakat dan pemerintah adalah sama. Yaitu, antara menghadapi ancaman keselamatan jiwa akibat COVID-19 dan menghadapi ancaman ekonomi, kehilangan mata pencaharian dan pekerjaan,” ujarnya dalam konferensi persnya, Senin (2/8/2021).

Maka dari itu, Jokowi menekankan bahwa kebijakan gas dan rem harus dilakukan secara dinamis sesuai dengan perkembangan kasus COVID-19 di hari-hari terakhir. Dia juga menegaskan bahwa tidak bisa menggunakan kebijakan yang sama dalam durasi yang panjang.

“Kita tidak bisa membuat kebijakan yang sama dalam durasi yang panjang. Kita harus menentukan derajat pembatasan mobilitas masyarakat sesuai dengan data di hari-hari terakhir agar pilihan kita tepat. Baik untuk kesehatan maupun untuk perekonomian,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga mengumumkan untuk kembali memperpanjang PPKM Level 4 di beberapa kabupaten/kota tertentu. Perpanjangan dilakukan selama satu minggu mendatang.

“Dengan mempertimbangkan perkembangan beberapa indikator kasus pada minggu ini, pemerintah memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM Level 4 dari tanggal 3 sampai 9 Agustus 2021 di beberapa kabupaten kota tertentu. Dengan penyesuaian pengaturan aktivitas dan mobilitas masyarakat sesuai kondisi masing-masing daerah,” tuturnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1965 seconds (0.1#10.140)