Ikuti Arahan Moeldoko, Perempuan Tani HKTI Blusukan Bagikan Sembako

Jum'at, 30 Juli 2021 - 17:08 WIB
loading...
Ikuti Arahan Moeldoko, Perempuan Tani HKTI Blusukan Bagikan Sembako
Perempuan HKTI saat blusukan membagikan paket sembako kepada warga terdampak pandemi Covid-19. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sejumlah perempuan yang tergabung dalam Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) menggelar bagi-bagi sembako di Jabodetabek sebagai bentuk solidaritas terhadap mereka yang membutuhkan bantuan selama masa perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.



Dian juga mengatakan bahwa selama ini emak-emak kerap disepelekan karena mereka hanya dikaitkan dengan persoalan domestik rumah tangga saja, padahal perempuan memiliki peran yang sangat penting dalam penanggulangan Covid-19 ini.

"Jika perempuan diberikan ruang dan akses, maka mereka akan menunjukkan kemampuan yang sama seperti laki-laki. Tidak sedikit perempuan-perempuan tangguh pemimpin dunia dan figur penting di negara ini yang mampu memberikan inspirasi dalam penanganan Covid-19," imbuhnya.

Aksi 'Emak-Emak Peduli Covid-19' ini akan membagikan seribu paket sembako kepada orang-orang yang terdampak pandemi khususnya mereka yang berasal dari golongan ekonomi menengah ke bawah.

Selain membagikan sembako, emak-emak ini juga melakukan aksi patroli protokol kesehatan 5M yang terdiri dari mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

"Jika kami menemui ada yang melanggar prokes 5M tersebut, maka kami akan menegur," tutur Dian.

Perempuan-perempuan HKTI memulai aksinya dari kantor sekretariat HKTI di Menteng, Jakarta Pusat pada pukul 9 pagi untuk bertolak menuju rute aksi yang pertama yakni kawasan Tamansari, Jakarta Barat.

Selanjutnya para emak-emak tangguh ini mengunjungi kawasan Jl. Mangga Besar Raya Tamansari dan akan membagikan sembako kepada para pedagang kaki lima yang berada di kawasan tersebut.

Setelah itu , rute aksi bagi-bagi sembako dilanjutkan ke Pasar Asemka. Rute Tamansari akan berakhir di Stasiun Kereta Api Jakarta Kota dan Kawasan Kota Tua dimana pedagang asongan dan penjual dengan gerobak dorong akan menjadi target sasaran penerima sembako.

Tidak hanya di Tamansari, gerakan ini juga menyusur kawasan Tambora, Jakarta Barat, diantaranya Mapolsek Tambora, Rumah Susun Angke, pangkalan bemo, pinggir kali Tanah Sereal, Pasar Pejagalan, kawasan Jelangkeng, dan kawasan sekitar rel kereta api Angke.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2712 seconds (0.1#10.140)