Hari Bakti TNI AU, KSAU Sebut Penanggulangan Pandemi Jadi Medan Pengabdian Prajurit

Kamis, 29 Juli 2021 - 20:38 WIB
loading...
Hari Bakti TNI AU, KSAU Sebut Penanggulangan Pandemi Jadi Medan Pengabdian Prajurit
KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo saat memimpin upacara militer memperingati Hari Bakti ke-74 Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan bahwa medan pengabdian Prajurit TNI AU termasuk saat menanggulangi pandemi. Hal tersebut dia katakan kala memimpin upacara militer memperingati Hari Bakti ke-74 Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU).

"Kebutuhan akan pengabdian TNI AU menjadi semakin tinggi dengan adanya wabah virus Corona yang masih melanda tanah air dan memberikan dampak signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan bangsa Indonesia," ujar Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dalam keterangan tertulis, Kamis (29/7/2021)

Fadjar melanjutkan, di tengah kondisi pandemi tersebut, TNI Angkatan Udara haruslah dapat menjadi pelopor dan mengajak masyarakat untuk terus menumbuhkan optimisme sebagai suatu bangsa. Hal itu untuk membantu menanggulangi Covid-19 serta pemulihan ekonomi nasional

"TNI Angkatan Udara telah dan akan senantiasa memberikan upaya terbaik, guna membantu pemerintah dalam mempercepat penanggulangan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional."

Dia juga mengimbau prajuritnyamenunjukkan kerelaan untuk berkorban, kesediaan untuk menjadi teladan, sekaligus pelopor meringankan beban dan kesulitan rakyat di sekeliling kita. "Inilah makna sesungguhnya dari Hari Bakti TNI Angkatan Udara."

Diketahui, TNI AU telah melaksanakan berbagai kegiatan dalam upaya penanganan pandemi Covid-19. Di antaranya, pengerahan bantuan ribuan tenaga kesehatan dan personel TNI AU, pelaksanaan vaksinasi reguler dan serbuan vaksin untuk ratusan ribu warga, dan bantuan pengisian ribuan tabung oksigen untuk puluhan rumah sakit.

Selain itu, TNI AU juga mendayagunakan Rumah Sakit TNI AU sebagai sarana penanggulangan Covid-19, melakukan percepatan distribusi alat kesehatan dan obat-obatan ke seluruh penjuru negeri, donor darah serta pelaksanaan kegiatan karya bakti di Provinsi Aceh.



Tema Peringatan Hari Bakti ke-74 ini adalah "Dilandasi Semangat Kepahlawanan 29 Juli 1947 TNI Angkatan Udara Siap Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 Menuju Tatanan Baru Untuk Indonesia Maju".

Upacara Militer ini turut diikuti oleh sejumlah pejabat utama Mabesau dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Sementara, para Panglima Kotama, Gubernur AAU, dan Komandan Satuan TNI AU mengikuti upacara melalui video telekonferensi dari satuannya masing-masing.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1753 seconds (0.1#10.140)