Anwar Abbas MUI: Baha'i Tidak Masuk Daftar Agama yang Diakui Negara

Kamis, 29 Juli 2021 - 11:03 WIB
loading...
Anwar Abbas MUI: Bahai Tidak Masuk Daftar Agama yang Diakui Negara
Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas mengatakan Bahai tidak masuk dalam daftar agama yang diakui oleh negara. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ucapan selamat hari raya Naw-Ruz 178 EB ke komunitas Baha'i oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menjadi sorotan banyak pihak. Adapun ucapan selamat dari Yaqut Cholil Qoumas itu diketahui dari video yang diunggah di akun YouTube Baha'i Indonesia pada 26 Maret 2021.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia ( MUI ), Anwar Abbas mengatakan Baha'i tidak masuk dalam daftar agama yang diakui oleh negara. Dia menuturkan, Baha'i adalah sebuah agama yang mengakui para nabi dan rasul yang sudah dikenal dan diimani oleh orang Islam.

"Tetapi dia (Baha'i, red) juga mengakui adanya nabi-nabi di luar yang diyakini oleh umat Islam," kata Anwar Abbas kepada SINDOnews, Kamis (29/7/2021).

Baca juga: Mengenal Agama Baha'i yang Diberikan Ucapan Selamat oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas

Oleh karena itu, kata dia, ajaran agama Baha'i dalam hal-hal tertentu tentu ada yang sama dan juga ada yang berbeda dengan ajaran agama Islam. "Tetapi meskipun dia sebuah agama, dia tidak masuk dalam daftar agama yang diakui oleh negara. Oleh karena itu sikap dan perlakuan pemerintah terhadap agama yang diakui di negeri ini dan yang statusnya tidak diakui tentu saja tidaklah sama," katanya.

Diketahui, ucapan selamat hari raya Naw-Ruz 178 EB ke komunitas Baha'i oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menuai pro dan kontra di masyarakat. Sehingga, agama Baha'i tiba-tiba menjadi trending topic atau topik perbincangan luas di media sosial.

Baca juga: Ucapan Selamat Hari Raya Baha'i Menteri Agama yang Bikin Heboh
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3502 seconds (0.1#10.140)