Satgas COVID-19 Imbau Masyarakat Tidak Ragu Diisolasi Terpusat Jika Terpapar COVID-19

loading...
Satgas COVID-19 Imbau Masyarakat Tidak Ragu Diisolasi Terpusat Jika Terpapar COVID-19
Ketua Satgas Penanganan COVID-19, Ganip Warsito mengimbau kepada masyarakat agar tidak ragu untuk diisolasi terpusat yang disediakan pemerintah daerah maupun pusat jika terpapar COVID-19. Foto/MPI
JAKARTA - Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 , Ganip Warsito mengimbau kepada masyarakat agar tidak ragu untuk diisolasi terpusat yang disediakan pemerintah daerah maupun pusat jika terpapar COVID-19.

“Pada kesempatan ini juga, saya ingin mengimbau kepada masyarakat agar masyarakat tidak ragu-ragu untuk mau diajak isolasi, diisolasi terpusat baik itu di Kabupaten maupun di tingkat Provinsi,” ujar Ganip dalam Konferensi Pers secara virtual bersama Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Senin (26/7/2021). Baca juga: Penanganan Covid-19 di Jakarta Membaik, Legislator Ini Minta Tak Perlu Dipolitisasi atau Diglorifikasi

Ganip mengatakan bahwa tempat-tempat isolasi terpusat yang disediakan oleh pemerintah sudah disiapkan tenaga medis juga obat-obatannya. Sehingga, akan maksimal dalam treatment untuk pemulihan kondisi ketika terpapar COVID-19.

“Karena tempat-tempat isolasi terpusat yang disiapkan oleh pemerintah daerah maupun pemerintah pusat itu udah disiapkan tenaga medisnya, lalu disiapkan obat-obatannya, kemudian disiapkan kegiatan treatment yang bisa meningkatkan pemulihan kondisi kita dari terpapar menjadi negatif,” kata Ganip.



Dilanjutkan Ganip, apabila masyarakat merasa tidak nyaman apalagi enak badan, masyarakat bisa melakukan testing yang bisa dilakukan di Puskesmas ataupun pos-pos nanti PPKM yang ada di daerah-daerah.

“Apabila terjadi indikasi yang terpapar maka akan disediakan isolasi terpusat yang nanti akan dikelola oleh pemerintah daerah maupun secara nasional oleh Satgas COVID-19 Nasional dan selanjutnya sampai dengan penanganan selesai,” tutur Ganip.

Kemudian, kata Ganip, bagi yang tidak terpapar akan melaksanakan satu isolasi yang disebut dengan isolasi mandiri yang akan dipantau selama 5 hari setelah pemeriksaan yang pertama. “Dan nanti di pemeriksaan yang kelima atau exit tesnya dilaksanakan secara PCR,” katanya. Baca juga: Ketua DPD RI Minta Pasien Covid-19 yang Depresi Dihadapi dengan Simpatik

“Sekali lagi jangan ragu-ragu untuk berangkat menuju ke tempat isolasi terpusat karena tempat itulah tempat yang baik untuk kita semua memulihkan kondisi dan menjaga diri kita juga orang lain di sekitar kita,” sambung Ganip.
(kri)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top