Soal Bansos, Kepala Daerah Mulai Laksanakan Arahan Presiden dan Mendagri

loading...
Soal Bansos, Kepala Daerah Mulai Laksanakan Arahan Presiden dan Mendagri
Arahan Presiden Jokowi yang ditindaklanjuti dengan Instruksi Mendagri Tito Karnavian kepada seluruh kepala daerah untuk mempercepat penyaluran bansos. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ditindaklanjuti dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian kepada seluruh kepala daerah untuk mempercepat penyaluran bantuan sosial (bansos) dan jaring pengaman sosial yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) beberapa waktu lalu sudah mulai terlihat realisasinya.

Baca juga: PPKM Level 4 Diperpanjang, Tambahan Bansos Ini Siap Disalurkan

Kini beberapa daerah sudah menjalankan arahan sesuai dengan Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 15 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali atau PPKM Darurat.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat misalnya telah menegaskan untuk mempercepat penyerapan Anggaran APBD Tahun 2021 untuk penanganan Covid-19 Rp 1,1 triliun.



Baca juga: Perpanjang PPKM Level 4, Jokowi Nyatakan Bakal Tingkatkan Bansos

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Jabar Nanin Hayani Adam melaporkan, per Jumat (23/7) kemarin, realisasi anggaran penanganan Covid-19 sudah mencapai 17,58 persen atau Rp204,5 miliar sudah termasuk untuk insentif tenaga kesehatan yang dianggarkan Rp57,7 miliar.

"Anggaran untuk insentif tenaga kesehatan sebesar Rp57,7 miliar, sudah direalisasikan sebesar Rp33,5 miliar atau sekitar 58,15 persen," kata Nanin.

Baca juga: Selain Vaksinasi di Pesantren dan Madrasah, BIN Juga Bagikan Ribuan Bansos di 7 Provinsi

Totalnya anggaran itu sebagian didapatkan dari pergeseran anggaran dengan menambah Belanja Tidak Terduga (BTT) sebesar Rp400 miliar pada 12 Juli 2021. Dari jumlah tersebut, sekitar Rp144 miliar berasal dari penghentian sementara proyek strategis.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top