Target PPKM Darurat Tak Tercapai, Satgas Covid-19 Lempar ke Pemda

Selasa, 13 Juli 2021 - 19:40 WIB
loading...
Target PPKM Darurat Tak Tercapai, Satgas Covid-19 Lempar ke Pemda
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah pusat telah meminta kepala daerah untuk menjalankan PPKM darurat yang selaras dengan PPKM mikro. FOTO/DOK.BNPB
A A A
JAKARTA - Sejak pelaksanaan PPKM Darurat di Pulau Jawa dan Bali, pemerintah menetapkan sejumlah target, mulai dari testing, tracing hingga vaksinasi. Namun dalam perjalanannya target-target tersebut belum semua terpenuhi.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah pusat telah meminta kepala daerah untuk menjalankan PPKM darurat yang selaras dengan PPKM mikro.

"Terkait dengan target-target kebijakan seperti jumlah testing, tracing maupun vaksinasi, pemerintah pusat telah instruksikan masing-masing kepala daerah untuk melakukan PPKM darurat maupun PPKM diperketat yang berjalan selaras dengan pengendalian di hulu yaitu PPKM mikro," katanya dalam konferensi persnya, Selasa (13/7/2021).

Baca juga: Menkes Targetkan Testing Covid-19 Naik Jadi 400.000 Selama PPKM Darurat

Salah satu yang harus digenjot adalah pembentukan Posko Penanganan Covid-19 di tingkat desa/kelurahan. Menurutnya melalui posko inilah yang akan membantu target dan program pemerintah terlaksana.

"Posko yang terbentuk dari berbagai unsur masyarakat inilah yang membantu menjamin target dan program pemerintah terlaksana sampai ke hulu. Baik memenuhi target testing per hari sesuai dengan kondisi daerah, kemudian menargetkan tracing kepada lebih dari 15 kontak erat per kasus konfirmasi, kemudian imbauan pelaksanaan karantina dan isolasi dengan pelaksanaan entry dan exit test yang ketat dan perawatan pasien sesuai dengan tingkat keparahan gejala," katanya.

Baca juga: PPKM Darurat, Luhut Minta Hak Pekerja WFH Tetap Diperhatikan
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1065 seconds (0.1#10.140)