Prof Hamdi Muluk: Anies, Ridwan, dan Ganjar Gak Ada Bedanya

loading...
Prof Hamdi Muluk: Anies, Ridwan, dan Ganjar Gak Ada Bedanya
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, memiliki peluang sama di Pilpres 2024. FOTO/DOK.SINDOnews
JAKARTA - Guru Besar Psikologi Politik Universitas Indonesia (UI) Profesor Hamdi Muluk menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan , Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil , dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo , memiliki peluang sama di Pilpres 2024.

"Catatan saya, biar kita gak salah ambil kesimpulan, Anies, Ridwan dan Ganjar, sebenarnya tidak bisa dikatakan lebih baik dari yang lain," kata Hamdi saat zoom meeting Arus Survei Indonesia (ASI), di Jakarta, Selasa (13/7/2021).

Dalam survei ASI tersebut, Anies, Ganjar, dan Ridwan keluar sebagai tiga nama besar yang sosoknya dinilai tepat sebagai Calon Presiden (Capres) 2024.

Baca juga: Anies, Ridwan Kamil, dan Ganjar Dianggap Paling Miliki Kapasitas sebagai Capres 2024

"Penilaian angka mereka sama-sama di angka 8. Beda kalau misalnya masuk di angka 5. Tetapi tiga orang ini bedanya hanya koma. Ternyata, tiga-tiganya sama saja. Catat ya, gak ada beda," paparnya.



Menurut Hamdi, ketiga masih memiliki peluang yang sama dalam Pilpres 2024. Termasuk, peluang tidak dipilih parpol manapun. "Apakah para elite akan memilih ketiga orang ini, tidak ada jaminan juga. Bisa saja ketiga orang ini tidak dipakai," ujarnya.

Kendati demikian, lanjut Hamdi, para parpol juga berpikir seperti lomba dalam pacuan kuda. Mereka akan memilih kuda yang larinya cepat dipasang taruhan.

Baca juga: Pengamat Nilai PKS Sulit Jadikan Salim Segaf Al-Jufri Capres

"Tapi ada dilema trust, partai-partai itu cenderung akan mengatur permainan untuk menang. Kalau di pacuan kuda, dia cari yang larinya kencang. Tapi dia juga gak yakin, karena di menit terakhir ada saja blok yang berkhianat," katanya.
(abd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top