Anies, Ridwan Kamil, dan Ganjar Dianggap Paling Miliki Kapasitas sebagai Capres 2024

loading...
Anies, Ridwan Kamil, dan Ganjar Dianggap Paling Miliki Kapasitas sebagai Capres 2024
Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Ridwan Kamil. Foto/Dok SINDOnews
JAKARTA - Tiga kepala daerah yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan , Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil , dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi tiga nama teratas dalam Survei Pakar yang dipublikasi pada Selasa (13/7/2021). Survei ini dibuat Arus Survei Indonesia, melibatkan 130 pakar dan pembuat opini publik untuk memetakan Kapasitas Calon Presiden RI pada Pilpres 2024.

Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia Ali Ri'fan menyebutkan hasil riset dari narasumber pakar tersebut merupakan gambaran figur, bukan berdasarkan popularitas di masyarakat, melainkan dari aspek kapabilitas atau kemampuan berdasarkan penilaian pakar.

"Setahun terakhir ini survei yang kerap dikeluarkan berbagai lembaga survei politik adalah survei mengenai elektabilitas presiden di mata masyarakat. Jadi dalam survei kali ini saya lebih menekankan survei elite, bukan survei popularitas di tengah masyarakat," ujar Ali Ri'fan dalam pertemuan virtual secara daring.

Baca juga: Elektabilitas Capres 2024 Versi Indopol Survey, Ganjar Pertama dan Anies ke-4



Dia menyebutkan, ada 11 profesi yang menjadi narasumber rilis survei pakar yakni Akademisi, Jurnalis, Pengamat atau Peneliti, Partai Politik, Ormas atau LSM, Pengusaha, Aktivis, Mahasiswa, Budayawan, Kalangan Profesional, dan Praktisi Pemerintahan.

Sedangkan, pengukuran kualitas personal para figur dalam riset ini dibatasi hanya pada 9 (sembilan) aspek atau indikator. Sembilan aspek atau indikator ini berdasarkan kajian dan studi kepemimpinan politik tentang apa yang perlu ada pada diri seorang Presiden di antaranya yakni Visi Dan Intelektualitas, Track Record atau Rekam Jejak, Karakter Dan Integritas, Skill Komunikasi, Kemampuan Mengambil Keputusan Tepat, Skill Mengelola Birokrasi, Skill Mengelola Krisis, Kemampuan Memenuhi Janji, serta Kemampuan Kerja sama Dengan Dewan Perwakilan Rakyat.

Dari hasil total survei pakar tiga nama yang berada di tiga teratas yakni Anies Baswedan dengan nilai 75,44. Di posisi kedua ada Ridwan Kamil dengan nilai 74,93. Kemudian Ganjar Pranowo dengan nilai 74,8.

Sedangkan nama lainnya yakni yang masih dalam 10 besar yakni Khofifah Indar Parawansa, Mahfud MD, Sandiaga Uno, Erick Thohir, Prabowo Subianto, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Puan Maharani.

"Jadi hasil survei ini bukan ditujukan kepada masyarakat, tetapi kepada para pemilik king makers untuk bisa memetakan pengambilan keputusan ke depannya. Jadi yang saya tekankan dari survei pakar kali ini adalah kapabilitas dan bukan dari elektabilitas," tandasnya.
(zik)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top