Bantu Tes Corona di Surabaya, Gugus Tugas Kirim 2 Unit Mobil Lab

Rabu, 27 Mei 2020 - 09:26 WIB
loading...
Bantu Tes Corona di Surabaya, Gugus Tugas Kirim 2 Unit Mobil Lab
Pemerintah pusat melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mengirimkan dua unit Mobil Lab Bio Safety Level 2 untuk membantu penanganan COVID-19 di Kota Surabaya, Jawa Timur. Foto/Binti Mufarida/SINDOnews
A A A
SURABAYA - Pemerintah pusat melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mengirimkan dua unit Mobil Lab Bio Safety Level 2 untuk membantu penanganan COVID-19 di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Doni Monardo mengungkapkan pengiriman dua mobil ini adalah sebagai upaya pemerintah melakukan tes masif untuk menemukan kasus positif Corona. (Baca juga: Persiapan New Normal, Mal Hanya Diizinkan untuk Setengah dari Kapasitas)

“Gugus Tugas sesuai dengan perintah Presiden untuk melakukan testing yang masif ya,” ujar Doni saat peninjauan langsung Mobil Lab Bio Safety Level 2 untuk Penanganan COVID-19 di Kota Surabaya, yang disiarkan secara virtual melalui kanal BNPB, Rabu (27/5/2020).

Selain itu, Doni mengatakan pengiriman dua unit mobil ini karena ada salah satu laboratorium di Surabaya yang mengalami kerusakan. Sehingga tidak bisa digunakan untuk pemeriksaan Corona. “Dan kebetulan di Surabaya sendiri, Jawa Timur ada salah satu laboratorium yang mengalami kerusakan. Sehingga tidak bisa melakukan pemeriksaan.”

“Oleh karenanya, pengiriman 2 unit kendaraan mobil BSD 2 ini diharapkan bisa membantu pemerintah Jawa Timur khususnya Kota Surabaya,” sambung Doni.

Dua Mobil BSD ini telah sampai di Kota Surabaya pagi tadi pukul 5.30 WIB. Saat ini, kata Doni, dua unit mobil ini langsung diberangkatkan untuk melakukan pemeriksaan.

“Tadi pagi sudah tiba pukul jam 5.30 waktu Surabaya satu unit mobil. Saat ini mobil berangkat dan kita harapkan pemerintah pusat bisa membantu mempercepat proses pemeriksaan di Jawa Timur khususnya di Kota Surabaya. Total ada 2 unit mobil,” jelasnya.

Selain itu, Doni mengatakan bahwa Gugus Tugas akan mengupayakan menambah tiga unit Mobil BSD lagi untuk membantu Jawa Timur dalam hal ini Gugus Tugas Provinsi Jawa Timur untuk mencari kasus positif Corona. Pasalnya, Doni tidak memungkiri bahwa di Jawa Timur dalam beberapa hari terakhir terjadi peningkatan jumlah kasus positif Corona.

“Dalam beberapa hari terakhir ini memang terjadi peningkatan jumlah kasus. Tapi juga tidak terlepas upaya pemerintah provinsi Jawa Timur dan di luar kota Surabaya yang memperbanyak laboratorium untuk pemeriksaan. Termasuk juga 3 unit kita upayakan untuk menambah lagi,” ungkap Doni. (Baca juga: Persiapan New Normal, Jokowi Siagakan TNI/Polri di 4 Provinsi dan 25 Kabupaten/Kota)

Penambahan tiga unit mobil BSD ini kata Donni akan disebar di Lumajang, Surabaya, dan Sidoarjo. “Satu di Lumajang, satu juga di Kota Surabaya, satu lagi di Sidoarjo. Jadi ada 3 unit lagi yang kita upayakan untuk di kirim ke Jawa Timur dalam rangka membantu pemerintah provinsi Jawa Timur, Gugus Tugas Provinsi,” katanya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1137 seconds (0.1#10.140)