Kapolri Beberkan Capaian Kinerja Polri di Hari Bhayangkara ke-75

Kamis, 01 Juli 2021 - 17:46 WIB
loading...
Kapolri Beberkan Capaian Kinerja Polri di Hari Bhayangkara ke-75
kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo berbincang dengan Presiden Joko Widodo disela peringatan Hari Bhayangkara ke-75 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (1/7/2021). Dok Humas Polri
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan bahwa momentum Hari Bhayangkara merupakan saat yang tepat untuk melihat kembali capaian Polri yang selama ini telah dilakukan. "Syukur Alhamdullilah, hasilnya sangat memberikan energi dan semangat untuk terus berubah menjadi lebih baik karena terjadi peningkatan kepercayaan terhadap Polri," katanya.

Hasil capaian yang baik tersebut, kata Sigit, didasarkan pada hasil survei yang diselenggarakan oleh beberapa lembaga survei nasional yang kredibel pada tahun 2021. Dalam lembaga survei Alvara Strategi Indonesia, tingkat kepercayaan Polri sebesar 86,5% meningkat dari tahun sebelumnya (survei dari Litbang Kompas sebesar 70,8%).

Baca Juga:Panglima TNI Beri Kejutan kepada Kapolri di Hari Bhayangkara ke-75

Sedangkan dari tingkat kepuasan terhadap Polri sebesar 82,3% meningkat dari tahun sebelumnya (survei dari Alvara Strategi Indonesia sebesar 78,8%). Dalam lembaga Charta Politika Indonesia, Polri menduduki peringkat ketiga sebagai lembaga tinggi negara berkinerja paling baik (pada tahun 2018 sampai 2019 Polri menduduki peringkat keempat).

Kemudian peringkat pertama sebagai lembaga penegak hukum berkinerja paling baik (meningkat dari tahun sebelumnya yaitu peringkat ketiga). Menurut Cyrus Network, Polri menduduki peringkat pertama sebagai lembaga penegak hukum yang dipercaya publik mendapatkan nilai sebesar 86,2% meningkat dari tahun sebelumnya (survei dari Litbang Kompas sebesar 70,8%).

Baca Juga:Sejarah Polri hingga Penetapan 1 Juli sebagai Hari Bhayangkara

Dalam Litbang Polri, terjadi peningkatan Indeks Kepercayaan Masyarakat (IKM) terhadap Polri di tahun 2021 menjadi 83,14% yang merupakan IKM tertinggi sejak tahun 2015. "Peningkatan kepuasan terhadap kinerja dan kepercayaan terhadap Polri ini merupakan kerja keras dari seluruh anggota Polri. Hal ini harus kita syukuri bersama dan mendorong Polri untuk menjadi lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," ungkap Sigit.

Mantan Kabareskrim Polri ini menegaskan capaian Polri selama ini bukan merupakan tujuan akhir, tapi pondasi awal dalam keberlanjutan program Transformasi Menuju Polri yang Presisi. "Ke depan, kita akan terus konsisten dan meningkatkan capaian kinerja agar mampu mengubah potret Polri sesuai dengan harapan masyarakat yaitu menjadi Polri yang dekat dengan masyarakat, sekaligus untuk menjawab perkembangan lingkungan strategis yang semakin cepat dan tidak menentu," katanya.

Baca Juga:HUT ke-75 Bhayangkara, Jasa Raharja: Polri Selalu di Garda Depan

Untuk mewujudkan harapan tersebut, lanjut Sigit, Polri harus mampu meningkatkan motivasi dan kinerja seluruh personelnya. Salah satu upaya yang telah dilakukan ialah melakukan pemenuhan kesejahteraan personel Polri dengan memberikan perhatian besar seperti dalam program perumahan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1665 seconds (0.1#10.140)