Terduga Teroris SY yang Diringkus di Kembangan Dikenal Baik dan Ramah

Kamis, 01 Juli 2021 - 00:36 WIB
loading...
Terduga Teroris SY yang Diringkus di Kembangan Dikenal Baik dan Ramah
Seorang pria yang diduga teroris berinisial SY diamankan tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Polri di Kampung Salo, Kembangan, Jakarta Barat pada Rabu (30/6/2021). Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Seorang pria yang diduga teroris berinisial SY diamankan tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Polri di Kampung Salo, Kembangan, Jakarta Barat pada Rabu (30/6/2021). Ia diringkus saat berada di rumah kontrakannya.

Pemilik kontrakan yang dihuni SY, Fian Harianto menilai pelaku adalah seorang pribadi yang dikenal baik dan ramah, meski agak tertutup oleh masyarakat sekitar. "Kesehariannya baik, ramah, cuma agak tertutup sih," tutur Fian kepada wartawan di lokasi, Rabu (30/6/2021).

Pelaku diketahui sudah 10 tahun tinggal di rumah kontrakannya itu. Fian mengaku tak pernah mendapati aktivitas ataupun gerak-gerik mencurigakan dari pelaku selama mengontrak ditempatnya. Malah yang terlihat, pelaku sehari-hari hanya berjualan sepatu di kawasan Taman Kota, Jakarta Barat.

"Enggak ada sama sekali enggak ada (yang mencurigakan)," jawabnya saat ditanya wartawan mengenai perbuatan mencurigakan.

Kepada wartawan, dia mengaku kaget saat polisi tiba-tiba menyambangi rumahnya dan menyuruhnya agar tetap di ruangan. "Kaget saya. Saya disuruh jangan keluar ruangan dan diam ditempat," ucapnya.

Saat polisi melakukan penggeledahan, lanjutnya, didapati busur serta anak panah dan sebuah kotak yang tidak diketahui isinya. Selain mengamankan SY, polisi juga mengamankan sang istri dan kedua anaknya untuk dilakukan pemeriksaan.

"Dibawa busur sama panah. Terus sama sekotak enggak tau isinya apa karena kan kita enggak masuk ke dalam. Sama bawa empat orang. Suami, istri dan anaknya," katanya.

Sementara itu, Kapolsek Kembangan Kompol Khoiri yang kebetulan berada di lokasi enggan memberikan komentar lebih lanjut mengenai penangkapan teroris itu. "Yang nangani Densus 88 Polri, kita Polsek hanya memback up pengamanan," ucapnya di lokasi.

Sebelumnya, Detasemen khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap tiga terduga teroris, DS, SY, dan AS. Penangkapan dilakukan di Duren Sawit, Jakarta Timur; Kembangan, Jakarta Barat dan Bangka Belitung.

"Densus 88 Antiteror Polri Satgas Wilayah DKI bekerja sama dengan Satgas Wilayah Babel telah melakukan penangkapan terhadap tiga orang diduga teroris namanya adalah DS, SY, dan AS," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan, Rabu (30/6/2021).

Ramadhan belum menjelaskan lebih lanjut peran masing-masing terduga pelalu teroris itu. Ia mengatakan, Densus masih melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mencari pelaku lainnya.

"Selanjutnya tentunya Densus teruskan penyelidikan lebih lanjut di mana pelaku-pelaku lain. DS dan SY akan dibawa ke Polda Metro Jaya," tuturnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1966 seconds (0.1#10.140)