Jokowi Bisa Jadi King Maker Pilpres 2024, Ini Tiga Alasannya

Sabtu, 19 Juni 2021 - 12:21 WIB
loading...
Jokowi Bisa Jadi King Maker Pilpres 2024, Ini Tiga Alasannya
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pengamat politik dan Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Riset dan Analisis (SUDRA) Fadhli Harahab meyakini bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa menjadi king maker di Pilpres 2024 . Dia tidak sependapat dengan pernyataan LSI Denny JA yang menyebut hanya ada tiga king atau queen maker: Megawati Soekarnoputri, Prabowo Subianto, dan Airlangga Hartarto.

"Jokowi punya banyak potensi untuk mengarahkan siapa yang harus diusung parpol. Artinya Jokowi bisa menjadi king maker 2024," ujar Fadhli Harahab kepada SINDOnews, Sabtu (19/6/2021).

Dia pun membeberkan tiga alasan mengapa Presiden Jokowi bisa menjadi king maker pada Pilpres 2024. "Pertama, Jokowi punya kekuasaan, langsung atau tidak dia akan bersentuhan dengan proses pemilu," ujarnya.



Kedua, kata dia, persepsi publik yang terbangun adalah Jokowi merupakan seorang yang berkinerja baik. Sehingga, lanjut dia, banyak masyarakat merasa puas dengan kinerja Jokowi.

"Artinya pendukung Jokowi juga banyak yang ingin bahwa beliau terus mengimplementasikan berbagai program yang belum selesai melalui kandidat yang akan didukung beliau," katanya.

Ketiga, lanjut dia, Jokowi punya relawan yang solid dan militan. Dia melanjutkan, dua periode ini peran relawan Jokowi tentu saja tak bisa dinafikan. "Setidaknya, dengan modal itu, Jokowi bisa jadi penentu kandidat mana yang akan diusung parpol," pungkasnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1761 seconds (0.1#10.140)