Hari Ini Diperiksa Komnas HAM, Pimpinan KPK Belum Konfirmasi Hadir Pukul Berapa

Kamis, 17 Juni 2021 - 07:58 WIB
loading...
Hari Ini Diperiksa Komnas HAM, Pimpinan KPK Belum Konfirmasi Hadir Pukul Berapa
Komnas HAM hari ini mengagendakan memeriksa Ketua KPK Firli Bahuri dan empat pimpinan lainnya serta sekjen. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia ( Komnas HAM ), Kamis (17/6/2021) hari ini, mengagendakan memeriksa lima pimpinan dan satu sekretaris jenderal (Sekjen) Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ). Mereka akan diminta klarifikasi atas pelaporan dugaan pelanggaran HAM dalam tes wawasan kebangsaan (TWK).

Namun, sampai pagi ini, Komisioner Komnas HAM Choirul Anam mengatakan, para pimpinan KPK belum mengkonfirmasi akam hadir pada pukul berapa. "Pimpinan KPK belum konfirmasi (hadir pukul berapa)," ujar Anam ketika dikonfirmasi MNC Media, Kamis (17/6/2021) pagi.

Selain memanggil pimpinan KPK, Komnas HAM turut mengagendakan pemeriksaan terhadap Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana pada hari ini. Kepastian kehadiran Bima disebutkan oleh salah satu staf BKN yang pada minggu lalu telah diperiksa oleh Komnas HAM.

Baca juga: Pimpinan KPK Disebut Akan Penuhi Panggilan Komnas HAM Kamis Lusa

"Kepala BKN bukan besok, hari Kamis. Gentleman agreement-nya, kesepakatan ketika kami dalami dipemeriksaan pertama untuk teman-teman di BKN, menyatakan bahwa ketika ada pendalaman, mereka siap untuk memberikan keterangan berikutnya," kata Anam pada Selasa (15/6/2021).

Sebelumnya, pada Rabu (9/6/2021), Komnas HAM melayangkan surat pemanggilan kedua kepada pimpinan KPK terkait dengan adanya dugaan pelanggaran HAM dalam TWK. Adapun dalam pemanggilan pertama Firli Cs tidak hadir.

Baca juga: Datangi Komnas HAM, Perwakilan KPK Tanya Materi Klarifikasi TWK
(abd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1404 seconds (10.55#12.26)