Kasus Covid-19 Melonjak, Keterisian Rumah Sakit Mengkhawatirkan

Kamis, 17 Juni 2021 - 07:17 WIB
loading...
A A A
Untuk diketahui, berdasarkan temuan The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Atlanta, droplets bertahan di udara dalam hitungan detik hingga menit sebelum jatuh seiring gravitasi. Sedangkan tetesan yang lebih kecil berupa partikel aerosol dapat bertahan di udara dalam ruang tertutup tanpa ventilasi yang baik selama beberapa menit hingga hitungan jam.

Pada kesempatan yang sama, Reisa menjelaskan mengenai cara yang dapat dilakukan untuk berkontribusi menekan laju penularan Covid-19 dan mengembalikan situasi kota dan kabupaten ke resiko rendah atau zona hijau.

Pertama, laporkan diri ke Puskesmas terdekat apabila merasa kontak erat dengan pasien positif. Hal tersebut merupakan bagian dari cara pengendalian penularan melalui 3T (tes, telusur, tindak lanjut dan terapi).

Kedua, ikut serta menyukseskan vaksinasi dengan cara mendaftarkan, mengantar, dan menemani para lansia, orang tua, guru, penyandang disabilitas yang belum mendapatkan vaksinasi.

Ketiga, bagi yang telah menerima vaksin, tetap lindungi orang lain dengan terus mempraktikkan protokol kesehatan secara disiplin. "Tidak ada cara mengakhiri pandemi ini kecuali dengan cara memutus penularan bersama-sama," tutup Reisa.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2218 seconds (0.1#10.140)