Masuk Akal PAN Intens Silaturahmi dengan Muhammadiyah dan Rajin Rekrut Artis

Rabu, 16 Juni 2021 - 15:15 WIB
loading...
Masuk Akal PAN Intens Silaturahmi dengan Muhammadiyah dan Rajin Rekrut Artis
Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan bersama pengurus PAN. Foto/Dok SINDOnews/Yulianto
A A A
JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) belakangan makin intens bersilaturahmi dengan pengurus Muhammadiyah di berbagai tingkatan. Partai yang dipimpin Zulkifli Hasan (Zulhas) ini juga aktif memperkenalkan artis sebagai kadernya.

Menurut pengamat politik dari Universitas Nasional (Unas) Robi Nurhadi, langkah yang ditempuh PAN tersebut masuk akal. Apalagi, warga Muhammadiyah merupakan konstituen riil dan besar bagi partai politik.

"Jadi menurut saya dia (PAN) akan kembali ke kandang," ujar Robi kepada SINDOnews, Rabu (16/6/2021),

Di sisi lain, kata Robi, Muhammadiyah juga akan tetap mempertimbangkan PAN secara kuat karena partai ini punya pengalaman. "Apalagi sebaran kadernya di parlemen Pusat dan Daerah ada. Siapa pun akan berkepentingan membangun komunikasi politik," kata Robi.



Selain itu, lanjut Robi, PAN juga akan ikut cawe-cawe dalam penentuan capres mendatang. "Itu pasti merupakan daya tarik PAN bagi Muhammadiyah," ujarnya.

Soal PAN yang belakangan juga merekrut artis sebagai kader, Robi mengatakan sangat wajar. Terakhir, PAN merekrut Jordi Onsu, adik Ruben Onsu, sebagai kader. Robi mengibaratkan para artis yang direkrut sebagai 'ember-ember politik' yang menampung air atau suara pemilih.



"Secara alamiah, meraih suara itu diawali oleh tahapan orang mesti kenal, kalau nggak kenal ya nggak tertarik. Jadi, memilih merupakan tahapan berikutnya setelah kenal. Cuma memang PAN lebih flamboyan dalam merekrut artis (dibanding partai lainnya)," jelas Robi.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2380 seconds (0.1#10.140)