YPIJ Nilai Tumbuhkan Semangat Nasionalisme Bisa lewat Upacara Bendera

Selasa, 15 Juni 2021 - 12:00 WIB
loading...
YPIJ Nilai Tumbuhkan Semangat Nasionalisme Bisa lewat Upacara Bendera
Ada beragam cara mencegah lunturnya jiwa nasionalisme dan patriotisme di masyarakat, salah satunya dengan melalui upacara bendera yang digelar secara rutin. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ada beragam cara untuk mencegah lunturnya jiwa nasionalisme dan patriotisme di masyarakat, salah satunya dengan melalui upacara bendera yang digelar secara rutin. Hal itu pula yang dilakukan Ketua Yayasan Padi Indonesia Jaya (YPIJ), Eprilia Tri Arum Taurusia.



Selain penghormatan terhadap bendera merah putih, upacara yang dipimpin langsung oleh Eprilia ini juga diisi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan Pancasila dan UUD 1945.

Eprilia mengatakan, upacara bendera ini merupakan bagian dari langkah besar menumbuhkan rasa nasionalisme anak bangsa. Nasionalisme merupakan jiwa bangsa Indonesia yang harus melekat selama negara ini masih berdiri. Oleh karena itu, ia menyebut upacara bendera menjadi salah satu kegiatan penting untuk membentuk karakter bangsa.

"Upacara bendera merupakan salah satu upaya untuk menanamkan sikap disiplin, kerja sama, rasa percaya diri, dan tanggung jawab. Dengan begitu, hal ini dapat mendorong lahirnya sikap dan kesadaran berbangsa dan bernegara serta cinta tanah air di kalangan masyarakat," terang Eprilia.

"Kami berharap, ke depan upacara bendera ini dapat diikuti oleh peserta yang lebih luas melibatkan masyarakat, aparat pemerintah dan unsur TNI/Polri di sekitar perusahaan," imbuh Eprilia.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6301 seconds (0.1#10.140)