Kepala Daerah Diminta Terbuka tentang Kondisi dan Data Penanganan Corona

loading...
Kepala Daerah Diminta Terbuka tentang Kondisi dan Data Penanganan Corona
Ketua DPR RI Puan Maharani. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Transparansi kondisi dan data dalam pencegahan penularan dan penanggulangan pandemi virus Corona (Covid-19) merupakan hal yang mutlak ada dan menjadi prasyarat untuk suksesnya program tersebut.

Baca juga: Virus Corona Baru, Kemenkes: Waspada Super Spreader Varian Delta Covid-19

Karena itu, jajaran pemerintah, mulai dari pemerintah pusat hingga pemerintahan desa seharusnya transparan dalam menyajikan dan melaporkan data kondisi dan jumlah penderita Covid-19 di daerah masing-masing.

Baca juga: Dirikan Beberapa Check Point, Langkah Polri Cegah Corona Tepat



Pernyataan tersebut dilontarkan Direktur Eksekutif Indonesia Bureaucracy and Service Watch (IBSW), Nova Andika, sebagai dukungan penuh atas ingatan yang dinyatakan Ketua DPR RI Puan Maharani kepada para pemimpin pemerintahan di daerah, terutama pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota belum lama ini.

Menurut Nova, ingatan yang dilontarkan Puan tersebut menunjukkan tanda sensitivitas serta kepedulian Ketua DPR RI terhadap persoalan yang tengah merongrong dan menyulitkan kehidupan masyarakat tersebut.

Baca juga: Kasus Corona di Tanah Air Tembus 1,9 Juta

Pernyataan IBSW tersebut datang melalui pernyataan pers yang kami terima hari ini. Dalam pernyataan tersebut Direktur Eksekutif IBSW, Nova Andika, juga mengapresiasi gerak cepat Puan yang peka merespons kejadian melonjaknya angka penderita Cobid-19 di Kudus, dengan cara membagikan secara cuma-cuma 20 ribu dosis vaksin Covif-19 sebagai dorongan untuk diadakannya percepatan vaksinasi Covid-19 di Jawa Tengah.

"Artinya, Ketua DPR RI tidak hanya bisa mengingatkan, sesuatu yang menjadi tugas beliau sebagai pimpinan lembaga legislative tertinggi, melainkan pula membantu pihak eksekutif di Jawa Tengah untuk sesegera mungkin mencapai tingkat persentasi warga yang divaksinasi, yang akan memungkinkan terbentuknya imunitas kelompok atau herd immunity," kata Nova, Senin (14/6/2021).
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top