Puan Maharani: Rapim Putuskan Tambah Komisi di DPR Jadi 13

Senin, 14 Oktober 2024 - 21:42 WIB
loading...
Puan Maharani: Rapim...
Ketua DPR Puan Maharani menyampaikan Komisi di DPR bertambah dua Komisi sehingga total Komisi DPR periode 2024-2029 berjumlah 13. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani menyampaikan Komisi di DPR akan bertambah dua Komisi. Sehingga, total Komisi DPR periode 2024-2029 berjumlah 13 Komisi.

Hal ini diputuskan dalam rapat pimpinan (Rapim) dalam rangka penetapan jumlah alat kelengkapan dewan (AKD) yang digelar Senin (14/10/2024).

"Hari ini kami baru selesai tadi menyepakati bersama 8 fraksi di DPR bahwa ada penambahan 2 komisi di DPR untuk bisa ikut menyelaraskan atau menyinergikan dengan rencana pemerintah yang akan datang dengan penambahan kementerian-kementerian seperti yang direncanakan oleh pemerintah sehingga memang ada keselarasan dan sinergi antara legislatif dan eksekutif," kata Puan.



Bahkan, kata dia, Rapim ini juga telah menyepakati pimpinan dari 13 komisi tersebut. Dalam rapat tersebut, para pimpinan fraksi partai politik telah menyerahkan daftar namanya.

"Alhamdulillah, secara musyawarah dan mufakat kami bisa menyelesaikan secara baik, tenang, damai, adem ayem keputusan tentang komposisi dan kesepakatan siapa, sesuai dengan proporsionalitasnya, jumlah anggota yang ada, siapa yang kemudian memimpin komisi-komisi dari 13 komisi yang ada, AKD yang ada," ujarnya.

Tak hanya Komisi, akan ada penambahan di AKD lainnya. "Akan ada 1 penambahan badan yang nantinya bertugas untuk bisa menampung aspirasi masyarakat. Badan Aspirasi Masyarakat," ucapnya.

(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1375 seconds (0.1#10.140)