Latihan Bersama TNI AU, 6 Jet Tempur F-16 Milik AS Tiba di Pekanbaru

Senin, 14 Juni 2021 - 09:27 WIB
loading...
Latihan Bersama TNI AU, 6 Jet Tempur F-16 Milik AS Tiba di Pekanbaru
Enam pesawat tempur F-16 milik Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) telah tiba di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Minggu (13/6/2021). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Enam pesawat tempur F-16 milik Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) telah tiba di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Minggu (13/6/2021). Kedatangan kali ini guna melaksanakan Latihan Bersama (Latma) dengan sandi Cope West 2021 bersama TNI AU .

Danwing 6 Lanud Roesmin Nurjadin, Kolonel Pnb Jajang Setiawan saat menerima kedatangan menyampaikan bahwa enam pesawat tempur F-16 US PACAF ini berasal dari Pangkalan Amerika Serikat di Mizawa, Jepang.

"Ada 6 pesawat F-16 yang berasal dari US PACAF Pangkalan Mizawa yang terbang langsung ke Pekanbaru dengan durasi terbang selama lima setengah jam. Mereka akan melaksanakan latihan Cope West 2021 bersama dengan TNI Angkatan Udara," kata Jajang dalam keterangannya, Senin (14/6/2021).

Baca juga: 9 Pesawat Tempur TNI Siap "Bombardir" Tanjung Pandan

Dalam Latma Cope West, TNI AU turut mengerahkan sejumlah pesawat tempur F-16. Pesawat tempur yang dikerahkan itu berasal dari Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi dan Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin.

Jajang menjelaskan, selama Latma diberlakukan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 secara ketat. Termasuk karantina bagi para awak pesawat USAF dan pendukungnya.

"Penanganan protokol kesehatan berlakukan secara ketat, mulai dari kedatangan kita sudah berkoordinasi dan bekerja sama dengan sejumlah instansi kesehatan, di antaranya melaksanakan PCR dan karantina selama lima hari, setelah lima hari dilaksanakan PCR kembali, apabila negatif baru bisa melaksanakan latihan," tuturnya.

Baca juga: TNI AU dan Angkatan Udara AS Kerahkan Pesawat Tempur F-16 ke Pekanbaru

Sekadar informasi, Cope West 2021 merupakan ajang latihan para penerbang pesawat tempur F-16 dari kedua angkatan udara. Adapun tujuannya adalah saling berbagi ilmu dan berbagi pengalaman guna meningkatkan profesionalitas para penerbang kedua negara bersahabat.
(abd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2885 seconds (10.55#12.26)