Mengenal Antasena, Tank Boat Canggih untuk TNI AD

loading...
Mengenal Antasena, Tank Boat Canggih untuk TNI AD
Tank Boat Antasena buatan PT Pindad yang akan memperkuat TNI AD. Foto/Ist
JAKARTA - Sebuah prototipe tank boat berhasil dibuat oleh PT Pindad dan diproduksi salah satu galangan kapal canggih asal Banyuwangi, Jawa Timur. Nama tank boat tersebut adalah Antasena. Sosoknya gagah, gerak-geriknya lincah, dan tampilannya sporty. Jika dianalogikan sebagai sosok pria, Antasena amat tampan.

Dilansir dari laman indonesia.go.id, Minggu (13/6/2021) setelah sukses menjalani berbagai tes manuver di lautan bebas, Sabtu (22/5/2021), Antasena berlayar ke perairan Situbondo. Jalur laut yang ditempuh sejauh 310 km (pergi dan pulang) dengan tujuan menjalani serangkaian uji penembakan. Di Pantai Paiton yang merupakan area latihan TNI-AL, Antasena melakukan sejumlah manuver. Meluncur berkelak-kelok, berputar, atau melambung, sambil menembak. Baca juga: Sangar, Ini Tank Boat Antasena dengan Kanon dan Senapan Mesin Usai Sukses Uji Senjata

Senjata utamanya yang terus menyalak adalah sepucuk kanon kaliber 30 mm dan proyektilnya berhasil menghantam sasaran yang berjarak beberapa ratus meter. Seperti halnya tank lain, Antasena beratapkan turet, yang terbuat dari alumunium alloy. Bentuknya seperti kubah yang bisa berputar ke kiri dan kanan. Dengan fleksiblitas putaran turet itu, moncong kanon bisa di-setting terarah ke sasaran, meski kendaraan bergerak ke sembarang arah. Selain sepucuk kanon, tank boat ini juga dibekali dengan dua senapan mesin 12,7 mm, yang satu di antaranya bertengger di atap turet. Baca juga: Rusia Pesan Tank Boat Buatan Indonesia

Uji coba tank boat Antasena pada Sabtu itu disaksikan Direktur Jenderal (Dirjen) Potensi Pertahanan (Pothan) Kementerian Pertahanan, Mayjen Dadang Harya Yudha dan jajaran direksi PT Pindad. PT Pindad dalam keterangannya menjelaskan uji coba berupa sea trial dan firing test dianggap berhasil, Antasena dinyatakan lolos dalam rangkaian uji coba tersebut.



Pengerjaan Antasena oleh PT Pindad

Antasena akan masuk dalam jajaran Alutsista TNI AD dengan kontrak pembelian yang telah ditandatangani pada 2020. Produksinya dikerjakan PT Pindad, bekerja sama dengan PT Lundin Industry, perusahaan modal asing yang membawa teknologi persenjataan asal Swedia yang berdomisili di Banyuwangi. Perlu waktu lima tahun untuk mengembangkan maket Antasena menjadi kendaraan tempur atas air. Kemhan menyiapkannya untuk tugas operasi di rawa, laut, sungai, dan pantai (Ralasuntai).

Kali pertama, pada akhir April, Antasena mencoba berenang meluncur di perairan Banyuwangi. Peristiwa itu pun menarik perhatian majalah elektronik terbitan Amerika Serikat bernama Popular Mechanics. Pada edisi 10 Mei 2021, majalah khusus persenjataan dan kendaraan militer yang itu mengulas Antasena. Popular Mechanics menyebut Antasena sebagai kendaraan militer hibrid yang unik. “Ia mengambang seperti perahu dan menembak seperti tank,” tulis majalah tersebut.

Mengenal Antasena, Tank Boat Canggih untuk TNI AD


Masih oleh media itu, tak ada produk sejenis di tempat lain. “Kendaraan itu cocok untuk beroperasi di perairan keruh,” tulisnya lagi. Nama Antasena pertama kali disematkan oleh Jusuf Kalla (JK), Wakil Presiden saat itu pada 2015 usai menyaksikan MoU antara Kemhan dan PT Pindad. Nama itu diambil dari tokoh dunia pewayangan yang jago dan ahli dalam pertempuran laut.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top