Dahsyat, Ilmu Sanjak Prajurit Marinir Bikin Pasukan Fretilin dan GAM Kocar-kacir

Minggu, 13 Juni 2021 - 06:58 WIB
loading...
A A A
Selain melaksanakan gerakan mencari dan memburu Fretilin Satgas Rajawali 1 juga membantu Pasukan Teritorial untuk melakukan patrol keamanan. Satgas Rajawali bergerak mobile dalam memburu kelompok bersenjata yang sangat meresahkan masyarakat Timtim.

Dahsyat, Ilmu Sanjak Prajurit Marinir Bikin Pasukan Fretilin dan GAM Kocar-kacir


Begitu juga saat bergabung dengan Satgas Rencong Sakti XXIX 2004 yang dipimpin oleh Letkol Marinir I K etut Suarya (Danyonif 8 Marinir). Waktu itu, tepatnya 5 Maret 2005, Pos Mando 3 menginformasikan ada anggota Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang melarikan diri setelah kontak tembak dengan Mando 3. Kelompok bersenjata tersebut diketahui menyeberangi sungai dan ditembaki Mando 3.

Sebagai Komandan Pos Mando 5 yang membawahi 5 anggota yaitu, Prada Marinir Sugiyanto, Prada Marinir Muhadib, Prada Marinir, Prada Marinir Zauli dan Prada Marinir Indra mendapat informasi dari Pos Mando 3 mengenai adanya pergerakan GAM langsung melakukan pengejaran.

“Saya mengejar dari sektor yang berlawanan. Saya gunakan ilmu sanjak dan berhasil menemukan jejak-jejak mereka. Selain menyeberang sungai ada GAM yang masuk sungai. Namun hal yang pertama saya temukan adalah bivak yang ditinggalkan orang. Di situ ada dua senjata jenis AK 47 dan ratusan peluru, mungkin ada sekitar 500 an. Kami terus menyisir dari jejak yang ada di pinggiran sungai,” ucapnya.

Dari kejauhan, kata dia, terlihat ada daun yang bergoyang di pinggiran sungai. Melihat ada gerakan mencurigakan langsung saja kami siram dengan tembakan. Setelah diadakan pembersihan ditemukan 1 anggota GAM tewas. "Nampaknya dia meninggalkan bivak untuk menyelamatkan diri karena mengetahui kedatangan kami. Dari bekasnya dia tidur terlentang di pinggiran Sungai Perlak untuk bersembunyi di bawah dedaunan pohon rumbia," katanya.
(cip)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1120 seconds (0.1#10.140)