Mantan Wali Kota Tasikmalaya Dijebloskan ke Lapas Sukamiskin

Jum'at, 11 Juni 2021 - 19:39 WIB
loading...
Mantan Wali Kota Tasikmalaya Dijebloskan ke Lapas Sukamiskin
Mantan Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman dijebloskan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Jumat (11/6/2021). FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mantan Wali Kota Tasikmalaya , Budi Budiman dijebloskan ke Lembaga Pemasyarakatan ( Lapas) Sukamiskin , Bandung, Jawa Barat, Jumat (11/6/2021). Terpidana korupsi ini dieksekusi KPK setelah putusannya berkekuatan hukum tetap alias inkrakh.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, eksekusi terhadap Budi Budiman dilakukan sesuai putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) di tingkat banding pada Pengadilan Tinggi Bandung, dengan nomor perkara : 4 / TIPIKOR/ 2021/PT BDG tanggal 5 Mei 2021.

"Hari ini, Jaksa eksekusi KPK Andry Prihandono telah melaksanakan putusan untuk terpidana Budi Budiman dengan cara memasukkan ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Sukamiskin," kata Ali melalui pesan singkatnya, Jumat (11/6/2021).

Baca juga: Terbukti Korupsi, Wali Kota Tasikmalaya Nonaktif Divonis 1 Tahun Penjara

Sesuai dengan amar putusan, Budi Budiman dijatuhi hukuman pidana penjara selama satu tahun enam bulan. Budiman juga dibebani untuk membayar denda sejumlah Rp200 juta dengan ketentuan, apabila tidak dibayar, akan diganti dengan pidana kurungan selama dua bulan.

Lebih lanjut, kata Ali, KPK juga telah mengeksekusi terpidana kasus korupsi lainnya pada hari ini. Dia adalah terpidana atas nama Sutikno. Dia juga dijebloskan ke Lapas Sukamiskin Bandung.

"Terpidana Sutikno ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Sukamiskin untuk menjalani pidana penjara selama dua tahun dan enam bulan dikurangi selama berada dalam tahanan," kata Ali.

Baca juga: Wali Kota Tasikmalaya Ditahan KPK, Begini Reaksi Ridwan Kamil

"Pada terpidana (Sutikno) juga dijatuhkan pidana membayar denda sejumlah Rp250 juta dengan ketentuan apabila tidak dibayarkan maka akan diganti dengan pidana kurungan selama enam bulan," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1043 seconds (0.1#10.140)