Menag: Dana Haji Aman, Akuntabel, dan Bisa Ditarik, Jangan Percaya Hoaks

Kamis, 10 Juni 2021 - 04:03 WIB
loading...
Menag: Dana Haji Aman, Akuntabel, dan Bisa Ditarik, Jangan Percaya Hoaks
Menag Yaqut Cholil Qoumas menegaskan komitmen pemerintah terkait Haji 2021. Dia menegaskan bahwa dana haji aman, akuntabel, dan bisa ditarik jika dikehendaki. FOTO/DOK.KEMENAG
A A A
JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menegaskan komitmen pemerintah terkait Haji 2021. Dia menegaskan bahwa dana haji aman, akuntabel, dan bisa ditarik jika dikehendaki.

"Dana Haji aman, akuntabel, dan bisa ditarik jika dikehendaki. Jangan percaya hoax yang dihembuskan," kata Gus Yaqut lewat cuitannya di media sosial pribadinya, Rabu (10/6/2021). "Mohon maaf atas ketidaknyamanan masyarakat dan terimakasih atas kesabaran calon jemaah," ungkapnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy juga telah melakukan pertemuan dengan Menag. Keduanya menegaskan bahwa dana haji aman, meski tahun ini para jamaah kembali batal berangkat.

Baca juga: Haji 2021 Batal, Menko PMK dan Menag Kompak Tegaskan Dana Haji Aman

Dalam kesempatan itu, Muhadjir mengatakan pembatalan keberangkatan haji 2021 bukan disebabkan masalah diplomasi. Penundaan pemberangkatan terpaksa dilakukan demi keamanan para jamaah karena hingga kini pandemi Covid-19 masih belum berlalu.

Sementara, Gus Yaqut menjelaskan, satu-satunya pertimbangan pemerintah membatalkan keberangkatan haji adalah untuk menjaga keamanan, kesehatan dan keselamatan jamaah.

Dia pun mengatakan dengan tidak adanya pemberangkatan haji tahun ini, maka secara otomatis antrean seluruh jamaah calon haji menjadi bergeser mundur. "Tidak ada yang lain, kita lebih menyayangi jamaah haji, keselamatan dan nyawa jamaah haji," katanya.

Baca juga: BPKH Tegaskan Dana Haji Dikelola dengan Aman di Bank Syariah
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3339 seconds (0.1#10.140)