Soal Polemik Haji, Aktivis PMII Soroti Surat Dubes Arab Saudi

Selasa, 08 Juni 2021 - 13:38 WIB
loading...
Soal Polemik Haji, Aktivis PMII Soroti Surat Dubes Arab Saudi
Aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Muhammad Fakhri. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Respons Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Essam bin Abed Al-Thaqafi yang mengirimkan surat kepada Ketua DPR Puan Maharani menanggapi pernyataan anggota DPR Sufmi Dasco Ahmad dan Ace Hasan Syadzily disorot aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Muhammad Fakhri.

Fakhri menilai respons Dubes Arab Saudi sebagai sesuatu yang kurang tepat dan berlebihan. Dia juga menilai surat tersebut tidak tepat karena mengomentari pernyataan anggota parlemen yang memiliki fungsi mengawasi kebijakan pemerintah dalam hal ini penyelenggaraan ibadah haji.

“Duta Besar Arab Saudi tidak perlu berkirim surat hanya untuk mengklarifikasi pernyataan anggota parlemen Indonesia. Mereka ber-statement berdasarkan batas permintaan Pemerintah Indonesia untuk diberikan informasi oleh Pemerintah Arab Saudi, tanggal 28 Mei itu. Pernyataan-pernyataan itu bagian dari tugas anggota DPR mengawasi kebijakan pemerintah, internal negara Indonesia. Surat Itu memperkeruh suasana jadinya” tutur Fakhri dalam keterangannya, Selasa (8/6/2021).

Menurut dia, pernyataan Sufmi Dasco dan Ace Syadzily adalah wajar mengingat ketidakjelasan informasi kuota bagi Indonesia dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

Dia menilai semestinya Duta Besar Arab Saudi bersurat memberikan kepastian berapa jumlah kuota. "Bukan menyampaikan komentar terhadap pernyataan anggota legislatif Indonesia," katanya.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1795 seconds (0.1#10.140)