Petinggi Uni Eropa Datangi Prabowo Bahas Kerja Sama Pertahanan

loading...
Petinggi Uni Eropa Datangi Prabowo Bahas Kerja Sama Pertahanan
Menhan Prabowo menerima kunjungan kehormatan Perwakilan Tinggi Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan Uni Eropa Josep Borrell Fontelles, Kamis (3/5/2021). Foto/Riezky Maulana
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan Perwakilan Tinggi Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan Uni Eropa H.E. Josep Borrell Fontelles, Kamis (3/6/2021). Pertemuan itu berlangsung di kantor Kementerian Pertahanan (Kemhan), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Baca juga: Prabowo Sebut Rencana Pinjaman untuk Modernisasi Alutsista sedang Digodok

Kunjungan kepada Prabowo tersebut menjadi bagian dari rangkaian kunjungan H.E. Josep Borrell Fontelles di Indonesia. Josep dijadwalkan turut mengunjungi Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid.

Baca juga: Soal Anggaran Alpalhankam Rp1.760 T, Prabowo: Nanti Saja Dijelaskan di DPR



"Tujuan dari kunjungan kehormatan tersebut, sebagai upaya memperdalam hubungan kerja sama dengan Indonesia sebagai salah satu mitra penting Uni Eropa," tulis Kemhan dalam keterangannya.

Bagi Uni Eropa kata Kemhan, Indonesia dinilai sebagai salah satu negara demokrasi terbesar di dunia, yang tentunya memiliki peranan penting dalam konteks kerja sama Uni Eropa dengan ASEAN serta Indo-Pasifik.

Baca juga: Terkait Pengembangan Alutsista, Konsistensi Prabowo Diuji

"Kepada Menhan, H.E. Josep Borrell Fontelles menyampaikan keinginan Uni Eropa untuk lebih meningkatkan kerja sama bidang pertahanan dengan Indonesia seperti halnya latihan multilateral Komodo Exercise dan Atlanta yang telah dilaksanakan selama ini," jelas Kemhan.

Selain itu, Uni Eropa juga menyampaikan keinginannya untuk menjadi observer dalam pertemuan Menteri Pertahanan tingkat ASEAN. Hal itu dikarenakan sejalan dengan pandangan Uni Eropa sebagai salah satu upaya meningkatkan security community yang saling berkaitan dan melengkapi dalam komunitas besar dunia.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top