3 Hari Tes SKD CPNS Sekolah Kedinasan, 24,81% Peserta Tak Lolos Passing Grade

Kamis, 03 Juni 2021 - 09:05 WIB
loading...
3 Hari Tes SKD CPNS Sekolah Kedinasan, 24,81% Peserta Tak Lolos Passing Grade
Plt Karo Humas BKN Paryono mengatakan 24,81% peserta tidak lolos passing grade atau ambang batas kelulusan seleksi CPNS. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tes seleksi kompetensi dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sekolah kedinasan telah digelar sejak Senin lalu. Seperti diketahui hasil tes langsung dapat diketahui oleh peserta seusai ujian dilaksanakan.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro (Karo) Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono mengatakan terdapat peserta yang tidak lolos passing grade atau ambang batas kelulusan seleksi CPNS. “Peserta yang tidak lolos passing grade sebanyak 24,81%. Sementara yang lolos passing grade adalah 75,19,” katanya saat dihubungi, Kamis (3/6/2021).

Seperti diketahui tes SKD terdiri dari tiga materi soal yakni Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Para peserta diberikan waktu 100 menit untuk mengerjakan tes SKD. Adapun nilai ambang batas bagi masing-masing materi SKD tersebut adalah 156 untuk TKP, 80 untuk TIU, dan 65 untuk TWK. Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat setidaknya 14.868 peserta telah mengikuti SKD selama tiga hari ini.

Paryono juga mengatakan bahwa proses tes SKD berjalan lancar. Selain itu juga belum ditemukan peserta tes yang positif Covid-19. “Kalau laporan dari semua titik yang digunakan belum ditemukan positif positif. Kecurangan juga belum ada laporan sejauh ini,” ujarnya.

Seperti diketahui pada tahun ini sebanyak delapan instansi membuka seleksi CPNS jalur sekolah kedinasan dengan alokasi sebanyak 6.464 calon siswa/siswi/taruna/taruni sekolah kedinasan. Di antaranya Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dita angga
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1522 seconds (0.1#10.140)