Dibuka di 3 Lokasi, Galeri #PasarLautIndonesia Tawarkan Olahan Ikan hingga Produk Kecantikan

Kamis, 27 Mei 2021 - 21:03 WIB
loading...
A A A
"Harapannya galeri ini semakin menarik perhatian masyarakat bahwa banyak produk-produk UMKM kelautan dan perikanan yang bagus-bagus, kemasannya juga bagus, tidak kalah dengan hasil industri besar,” kata Machmud.

Sementara President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin memastikan dukungannya terhadap berbagai program pengembangan UMKM seperti yang dicanangkan Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui program Pasar Laut Indonesia.

Dia menilai aksi kolektif berbagai sektor dibutuhkan dalam mendukung UMKM menemukan peluang dan bangkit di tengah krisis akibat pandemi Covid-19.

Menurut dia, Bandara Soekarno-Hatta adalah bandara tersibuk di Indonesia. Sekaligus pintu gerbang utama Indonesia dan bandara jangkar penghubung konektivitas udara di dalam negeri.

“Kami berharap dengan adanya galeri produk perikanan dan kelautan di Terminal 3, masyarakat dapat semakin bangga terhadap produk-produk dalam negeri,” ucap Awaluddin.

Awaluddin menjelaskan, program Pasar Laut Indonesia yang diinisiasi Kementerian Kelautan dan Perikanan juga sejalan dengan program Gerbang Indonesia (Gerakan Bangga Karya Anak Bangsa Indonesia) yang diluncurkan AP II pada awal 2021.

Program Gerbang Indonesia memiliki tiga program utama, yaitu Bandara sebagai gerbang utama pembinaan UMKM, Bandara sebagai tempat kegiatan transaksional UMKM, dan Bandara sebagai hub pariwisata dan budaya Indonesia. Dia pun membuka peluang galeri serupa dibuka di 18 bandara lain yang dikelola AP II.

"Kami mendukung UMKM, masih ada 18 bandara lain yang kami kelola dan kami terbuka untuk galeri #PasarLautIndonesia untuk dibuka di bandara lain," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Sakti Wahyu Trenggono berharap KKP dapat menguatkan dan meningkatkan peranan UMKM sektor kelautan dan perikanan, serta membangun rasa percaya diri dalam menghadapi tantangan ke depan.

Dia juga meminta semua pihak memegang prinsip-prinsip keberlanjutan dalam memanfaatkan sumber daya perikanan supaya ekosistem tetap lestari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2050 seconds (0.1#10.140)