Potensi Kejahatan Spionase di Indonesia (Studi Kasus Eli Cohen)

Kamis, 27 Mei 2021 - 23:17 WIB
loading...
A A A
b) Potensi Kejahatan Spionase di Indonesia

Hak pemindahan kewarganegaran atau naturalisasi di Indonesia yang diberikan kepada warga negara asing (WNA) untuk mendapatkan status warga negara Indonesia (WNI) berdasarkan penjelasan di atas terlihat cukup mudah. Melengkapi beberapa persyaratan yang diajukan kepada Presiden melalui kementerian terkait maka seorang WNA dapat memperoleh status WNI.

Saat ini di Indonesia melalui sepak bola, sudah banyak warga negara asing yang melakukan sepak bola dengan alasan sudah merasa nyaman tinggal di Indonesia dan mau membela Tim di Indonesia dan tidak mau balik ke negara mereka lagi. Seperti yang di lansir dalam situs online www.bolanet.com pada tanggal 01 Maret 2018 bahwa sudah ada 19 nama pemain bola yang melakukan naturaliasi menjadi warga negara Indonesia.

Tidak menutup kemungkinan bahwa akan semakin banyak dari pemain bola warga negara asing yang akan melakukan naturalisasi menjadi warga negara Indonesia. Salah satu dari pemain bola yang telah naturalisasi tersebut saat ini sudah tergabung didalam partai politik. Dapat diakses melalui www.bolalob.com pada tanggal 24 Februari 2016.

Salah satu pemain tersebut dulu memperkuat salah satu klub besar di Indonesia dan saat ini terjun ke dunia politik dan bergabung dengansalah satu partai politik, hal ini tentunya harus diwaspadai oleh pemerintah Indonesia jika berkaca kembali terhadap kisah Ely Cohen yang adalah agen rahasia militer Israel. Dengan bergabung dengan dunia Politik maka Informasi aktual terkait dengan pertahanan negara akan lebih muda diakses.

Jika pemain ini mampu membuka peluang pertama untuk terlibat didalam partai politik maka akan membuka pintu untuk pemain lain ikut berpolitik.

Penulis tidak melakukan judge terhadap pemain bola tersebut, tetapi demi menjaga kedaulatan dan Informasi Pertahanan negara sebaiknya pemerintah membatasi ruang gerak dari WNA yang melakukan Naturalisasi. Pemerintah membatasi WNA yang telah menjadi WNI agar tidak terlibat aktif untuk ikut didalam kegiatan politik dalam negeri.

Wilayah Indonesia yang luas dan kaya akan sumber daya alam ini telah menjadi pusat pandang dunia. Hal ini harus menjadi pusat perhatian pemerintah untuk lebih menjaga pertahanan negara.

II. Kesimpulan

Kejahatan Spionase yang dilakukan pada masa lalu oleh agen rahasia militer Israel Ely Cohen terhadap Syria dapat menjadi sebuah pelajaran yang penting bagi pemerintah Indonesia untuk mulai membatasi Pewarganegaraan di Indonesia agar tidak terjadi kejahatan Spionase yang dilakukan oleh negara yang menginginkan Informasi aktual mengenai Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1303 seconds (0.1#10.140)