Hari Tri Suci Waisak, Ini Pesan Presiden Jokowi kepada Umat Buddha Indonesia

Kamis, 27 Mei 2021 - 15:24 WIB
loading...
Hari Tri Suci Waisak, Ini Pesan Presiden Jokowi kepada Umat Buddha Indonesia
Presiden Jokowi menghadiri acara Dharmasanti Tri Suci Waisak 2565 Tahun Buddhis yang digelar secara virtual, Kamis (27/5/2021). FOTO/Biro Pers Setpres
A A A
JAKARTA - Presiden Jokowi menghadiri acara Dharmasanti Tri Suci Waisak 2565 Tahun Buddhis yang digelar secara virtual, Kamis (27/5/2021). Ia menyampaikan ucapan Hari Raya Tri Suci Waisak kepada segenap umat Buddha di seluruh Tanah Air.

"Atas nama pemerintah, keluarga, dan pribadi saya menyampaikan selamat memperingati Hari Tri Suci Waisak Tahun 2021 atau 2565 Tahun Buddhis kepada umat Buddha di seluruh Tanah Air," katanya, Kamis (27/5/2021).

Jokowi mengatakan, peringatan Hari Tri Suci Waisak merupakan momentum untuk memperkokoh komitmen menghormati makna hidup dan kehidupan. Lalu juga momentum menjalankan praktik-praktik kebenaran untuk meraih keharmonisan. Termasuk mengajarkan Dharma sebagai pedoman dalam menunaikan tugas dan kewajiban.

Baca juga: Libur Hari Raya Waisak, 11.650 Pengunjung Padati TMII

Terlebih lagi ajaran Dharma Buddha sangat relevan dengan situasi saat ini. Salah satunya soal bagaimana terus menebarkan kebaikan dan saling membantu sesama.

"Butir-butir keluhuran ajaran Dharma juga sangat relevan dengan situasi pandemi saat ini. Mengingatkan kita untuk terus melangkah di jalan kebaikan, mengendalikan diri dari perilaku buruk, meningkatkan kepedulian kepada sesama, serta membantu dengan tulus dan ikhlas," katanya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh umat Buddha. Pasalnya dalam perayaan hari raya ini tetap menerapkan protokol kesehatan dalam beribadah.

Baca juga: Waisak 2021, Menag Ajak Umat Buddha Terus Rekatkan Tali Persaudaraan

"Kepatuhan menerapkan protokol kesehatan merupakan praktik keagamaan yang mulia, menghormati dan menghargai sesama umat manusia, dan bersama-sama berupaya memperoleh berkah kesehatan," tuturnya.

Untuk diketahui Dharmasanti Tri Suci Waisak 2565 Tahun Buddhis kali ini mengangkat tema "Bangkit Bersatu untuk Indonesia Maju". Peringatan hari raya umat Buddha ini juga dihadiri oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2990 seconds (0.1#10.140)