Hadapi Bencana Gempa Bumi, BMKG Perkuat Kesiapsiagaan Masyarakat

Kamis, 27 Mei 2021 - 05:18 WIB
loading...
Hadapi Bencana Gempa Bumi, BMKG Perkuat Kesiapsiagaan Masyarakat
Di tengah pandemi virus Corona (Covid-19), dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, BMKG menggelar Sekolah Lapang Gempa Bumi, di Kabupaten Lebak, Banten. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Di tengah pandemi virus Corona (Covid-19), dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menggelar Sekolah Lapang Gempa Bumi di Kabupaten Lebak, Banten, dengan tema 'Membangun Masyarakat Lebak Tanggap Gempabumi dan Tangguh Tsunami', Senin 24 Mei 2021.



Gempabumi Pangandaran 17 Juli 2006, merupakan salah satu contoh peristiwa gempa megathrust yang membangkitkan tsunami, mengakibatkan kerusakan infrastuktur pantai dan menelan korban jiwa cukup besar.

"Mengetahui potensi dengan skenario terburuk tersebut, kita harus selalu berlatih untuk mengantisipasi kemungkinan dampak terburuk akibat gempa bumi yang dapat disertai tsunami di pesisir Pantai Lebak, Provinsi Banten," jelas Dwikorita.

Sementara Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi mengatakan, pelatihan ini mendorong komunitas di Lebak agar lebih paham dan siap dalam penanggulangan bencana.

Menurutnya, pemerintah Daerah juga akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk membenahi jalur evakusi, melengkapi fasilitas, menyusun rencana kontinjensi dan Prosedur Standard Operasional Kedaruratan saat menerima dan merespons Peringatan Dini Tsunami BMKG.

"Selain berdoa kepada Allah meski tidak ada kejadian tetapi ada potensi, juga tetap harus berikhtiar," pungkas Ade.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1305 seconds (0.1#10.140)